Fakta Kompleks Tentang Bagaimana Bawang Putih Mengobati Berbagai Penyakit

TrubusLife
Syahroni
08 Juli 2020   19:00 WIB

Komentar
Fakta Kompleks Tentang Bagaimana Bawang Putih Mengobati Berbagai Penyakit

Ilustrasi. (Shutterstock)

Trubus.id -- Bawang putih membuat rasa makanan jadi lebih nikmat. Namun selain sebagai bumbu masak, apa kontribusi bawang ptuih terhadap dunia pengobatan?

Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan untuk mengobati penyakit manusia. Dikenal mengurangi risiko kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2. Dan bagaimana para ilmuwan tahu bahwa bahwa bawang putih memiliki efek ini? Nah, bagian itu akan sedikit menjadi lebih rumit.

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Trends in Pharmacological Sciences merinci kesulitan dalam menjelaskan dengan tepat bagaimana bawang putih mempengaruhi kesehatan kita. Karena berbagai senyawa yang dihasilkan bawang putih, mencapai hasil yang konsisten dari uji klinis bisa agak rumit.

Bawang putih adalah bagian dari keluarga allium, yang merupakan kelompok tanaman yang menyerap sulfat dari tanah dan menggabungkannya ke dalam asam amino dan molekul penyimpanan sulfur. Dengan demikian, rasa khas bawang putih berasal dari senyawa sulfur yang dikandungnya. Molekul penyimpanan belerang ini dapat dipecah menjadi sekitar 50 senyawa unik yang mengandung belerang, tergantung pada bagaimana bawang putih disiapkan dan dicerna.

Baca Lainnya : Makan Bawang Putih Saat Perut Kosong? Ini 5 Manfaat Sehatnya

"Molekul-molekul ini memberi tanaman keuntungan ekologis ketika mereka tumbuh di alam liar. Seperti yang terjadi, mereka juga aktif secara biologis di dalam sel dan jaringan mamalia." kata Peter Rose, seorang ahli biokimia di Universitas Nottingham dan penulis senior studi ini. 

Persiapan bawang putih adalah salah satu aspek diversifikasi efek kesehatannya. Menekannya untuk minyak, memotong atau mencacah, atau memfermentasi bawang putih dalam alkohol semuanya menghasilkan senyawa sulfur yang berbeda - masing-masing dengan efek yang berpotensi berbeda pada sistem biologis tubuh kita yang kompleks. 

Kompleksitas penelitian ini juga terletak pada bagaimana senyawa-senyawa ini dimetabolisme di dalam tubuh kita, karena sulit untuk menentukan mekanisme aksi umum untuk molekul-molekul ini. Semua komplikasi ini membantu menjelaskan mengapa studi tentang efek bawang putih pada manusia memiliki hasil yang tidak konsisten.

"Ketika datang ke studi intervensi manusia, ada cukup banyak perbedaan. Kadang-kadang konsumsi dan paparan senyawa ini memiliki efek biologis, dan di waktu lain, tidak ada hasilnya. Saya pikir itu perlu diselidiki ulang, hanya karena kerumitan semata-mata dari keanekaragaman jenis senyawa ini dan distribusi yang berbeda antara produk bawang putih yang berbeda," kata Rose. 

Baca Lainnya : Kenal Lebih Dekat dengan Black Garlic, Si bawang Putih Fermentasi Sejuta Khasiat

Bagi Rose dan rekan-rekannya, aspek yang paling menarik dari obat yang berubah menjadi makanan ini adalah bagaimana senyawa sulfurnya dapat memengaruhi molekul pemberi sinyal gas seperti nitrat oksida dan hidrogen sulfida, yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Molekul pensinyalan ini memainkan peran penting dalam komunikasi sel dan mempertahankan homeostasis. Telah ditemukan bahwa level molekul yang berubah ada pada banyak penyakit.

Penelitian terbaru telah menemukan hubungan antara jenis senyawa sulfur yang ditemukan dalam bawang putih dengan peningkatan produksi molekul pensinyalan gas, yang dapat berarti bahwa ini adalah mekanisme umum di mana berbagai senyawa sulfur mempengaruhi tubuh kita.

"Ada banyak kemungkinan dalam area ini untuk menemukan pendekatan yang dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan manusia, tetapi semuanya kembali ke pertanyaan mendasar tentang apa yang sebenarnya terjadi pada senyawa ini ketika kita memetabolisme mereka," jelas Rose. 

"Ada seluruh spektrum pekerjaan manusia yang masih perlu dilakukan untuk mengeksplorasi lebih lanjut beberapa senyawa sulfur aneh dan indah yang kita temukan dalam diet kita." terangnya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: