6 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

TrubusLife
Astri Sofyanti
08 Juli 2020   15:00 WIB

Komentar
6 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi - Covid-19. (pexels.com)

Trubus.id -- Masa pandemi Covid-19 yang masih melada dunia termasuk Indonesia, membuat segala kegiatan dan aktivitas manusia harus menerapkan sejumlah protokol kesehatan sebagai upaya menekan penyebaran virus corona. Salah satu cara untuk melindungi diri dari ancaman vitus itu adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas) tubuh menjadi salah satu upaya dari serangkaian anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga menjaga jarak (physical distancing).

Baca Lainnya : Tingkatkan Imunitas, Konsumsi Kimchi Dianjurkan Selama Masa Pandemi Covid-19

Sistem imunitas merupakan hasil kerjasama dari rangkaian sel, jaringan, protein, dan organ tubuh. Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik akan membantu melawan berbagai ancaman penyebab penyakit berbahaya atau infeksi.

Profesor Nicole Avena, PhD dari Universitas Princeton mengandaikan imunitas adalah lari maraton bukan sprint, oleh karenanya tak ada cara cepat dan mudah untuk menaikkan imunitas tubuh.

Oleh karena itu, penting menjaga sistem kekebalan tubuh kita selama masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Lantas, kebiasaan sederhana apa saja sih yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita?

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup. Foto: Pexels/Andrea Piacquadito

Mengutip dari laman Web MD, setidaknya seseorang memerlukan waktu tidur 7 sampai 9 jam setiap hari. Jika seseorang kekurang tidur, tubuh kita menjadi lebih mudah sakit setelah terpapar virus.

“Data terbaik yang kami miliki tentang cara meningkatkan kekebalan adalah cukup tidur,” kata Wherry, dikutip dari Women's Health dari Antara, Rabu (8/7/20).

Seseorang yang tidur selama 6 jam semalam memiliki risiko empat kali lebih tinggi terserang flu, dibanding mereka yang memiliki waktu tidur 7 hingga 9 jam per hari. Hal tersebut menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep.

“Segala sesuatu yang Anda lakukan ketika Anda bangun, makan, mencerna, bekerja, berjalan, berolahraga mendorong tubuh Anda untuk melepaskan sel-sel radang,” kata Rita Kachru, MD, kepala seksi imunologi klinis dan divisi alergi serta asisten profesor di David Fakultas Kedokteran Geffen di UCLA.

2. Makan makanan kaya magnesium

Makanan kaya magnesium. Foto: Pexels.com

Makanan kaya magnesium seperti bayam, kacang-kacangan membantu tubuh dan otak untuk rileks sehingga bisa membantu tidur lebih nyenyak.

3. Hindari stres

Hindari stres. Foto: Pexels/Andrea Piacquadito

Stres memicu produksi kortisol. Saat hormon kortisol tinggi maka sistem imunitas tak akan aktif, kata profesor imunologi di Universitas Manchester, Inggris, Daniel M. Davis, PhD.

"Tubuh Anda mengerahkan semua sumber dayanya ke benda yang dianggapnya paling mungkin membunuh Anda, dan jauh dari hal-hal lain, seperti jaringan pelindung Anda."

4. Rajin olahraga

Rutin berolahraga. Foto: Pexels.com

Berolahraga menciptakan peradangan dalam tubuh, tetapi itu jenis peradangan yang baik, kata Wherry.

“Olahraga benar-benar mengganggu homeostasis tubuh Anda,” katanya.

Tetapi ketika keringat Anda sudah habis, tubuh Anda kembali ke status quo-nya.

Penelitian menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur mengembangkan lebih banyak sel T (sel perusak sel darah putih) daripada rekan sebaya mereka. Ini juga membantu memodulasi hormon stres kortisol, yang, ketika dinaikkan, menyebabkan aktivitas peradangan.

Baca Lainnya : Olahraga Teratur di Rumah Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Namun beberapa ahli setuju bahwa olahraga berlebihan dapat menghambat kekebalan.

Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 sampai 60 menit setiap hari adalah olahraga paling dasar dan bisa meningkatkan imunitas, demikian kata terapis berlisensi Kristen Gasnick.

5. Tertawa

Tertawa. Foto: Pexels/Helena Lopes

Tertawa dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dengan memproduksi sel-sel yang dapat melawan patogen serta memicu berbagai hal positif pada pikiran dan tubuh.

Ketika tertawa tubuh akan terasa lebih bersinergi dan positif. Hal ini karena terdapat beberapa senyawa kimia baik yang diproduksi di dalam tubuh.

Senyawa tersebut adalah hormon endorfin. Hormon ini berfungsi sebagai pemicu rasa senang pada pikiran dan mengurangi stres.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: