Tak Hanya Hiasan, Rangkaian Bunga Juga Punya Manfaat Kesehatan

TrubusLife
Syahroni
07 Juli 2020   20:00 WIB

Komentar
Tak Hanya Hiasan, Rangkaian Bunga Juga Punya Manfaat Kesehatan

ilustrasi. (Shutterstock)

Trubus.id -- Bunga kerap dihadirkan dalam acara-acara khusus seperti perayaan pesta atau sekedar penghias ruang tamu. Namun tahu kah Anda jika ternyata bunga tak hanya sekedar hiasan belaka? Yah, bunga ternyata memiliki manfaat kesehatan yang belum banyak diketahui. 

Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Kansas State University dibuktikan bahwa pasien di rumah sakit yang memiliki karangan bunga segar di kamar mereka memerlukan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah selama pemulihan mereka.

Bunga juga dapat membantu melembabkan udara yang secara fisik dapat membantu kita bernafas lebih mudah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

"Kurangnya kelembaban menciptakan lingkungan di tubuh Anda yang melahirkan infeksi. Itu sebabnya di musim dingin yang kering kamu melihat begitu banyak orang terkena flu. Air yang dilepaskan secara alami oleh tanaman akan membantu mengatasi sakit tenggorokan, kulit kering, dan batuk kering yang hebat.” terang Dr. Dasgupta, MD, seorang dokter dan profesor di Keck School of Medicine di University of Southern California seperti dilansir dari Elle Magazine. 

Bunga segar di rumah kita juga dapat menawarkan banyak manfaat psikologis. Universitas Rutgers melakukan penelitian 10 bulan tentang dampak emosional bunga dan menemukan bahwa mereka adalah moderator alami suasana hati. Peserta bahkan melaporkan bahwa mereka merasa kurang stres dan gelisah ketika mereka secara konsisten memiliki bunga segar.

Penelitian lain oleh Universitas Harvard menemukan hubungan antara bangun dengan suasana hati yang lebih bahagia dan melihat bunga di pagi hari.

"Ternyata mood pagi, adalah fenomena nyata. Dengan suasana hati yang positif - kebahagiaan, keramahan dan kehangatan, misalnya - bermanifestasi jauh di kemudian hari. Menariknya, ketika kita menempatkan karangan bunga kecil ke dalam rutinitas pagi mereka, orang-orang jadi bersemangat." terang ketua peneliti Nancy Etcoff, Ph.D. 

Bunga bahkan dapat membantu meningkatkan produktivitas. Jadwal modern tidak lagi berputar di sekitar musim atau bahkan matahari, bunga di rumah dapat membantu meningkatkan perhatian pada berlalunya waktu dan bahkan mendorong pencapaian tujuan secara tepat waktu.

"Bunga membantu orang mengukur waktu dan melacak tujuan, apakah itu tujuan kebugaran atau tujuan karier, karena bunga yang berbeda berada di musim pada waktu yang berbeda dan bertindak sebagai simbol positif dari berlalunya waktu" terang Dak Kopec, PhD, psikolog desain dan lingkungan kepada Elle Magazine.

Sudah umum diketahui bahwa warna hijau dapat membantu mengurangi tingkat stres, positif yang besar dari tanaman pot dalam ruangan, tetapi menambahkan dorongan warna alami dengan bunga juga dapat meningkatkan emosi yang lebih kuat akan kesejahteraan dan kebahagiaan karena kita mengaitkannya dengan peristiwa kehidupan yang positif. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: