Meningkatkan Asupan Sayuran Hijau, Membuat Otak Anda Jadi Lebih Awet Muda

TrubusLife
Syahroni
27 Juni 2020   12:00 WIB

Komentar
Meningkatkan Asupan Sayuran Hijau, Membuat Otak Anda Jadi Lebih Awet Muda

ilustrasi. (Shutterstock)

Trubus.id -- Pola makan yang lebih sehat dapat meningkatkan energi Anda serta membantu Anda menurunkan berat badan. Namun belakangan, para ilmuwan mengatakan bahwa pola makan juga bisa memperlambat laju penuaan otak. Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, makan kira-kira satu porsi sayuran hijau berdaun per hari dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir Anda.

Penelitian ini melibatkan 960 orang dengan usia rata-rata 81 tahun yang tidak menderita demensia dan diamati selama rata-rata 4,7 tahun. Para peserta diuji kemampuan berpikir dan ingatannya setiap tahun, dan mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka makan makanan tertentu. Kuisioner itu bertanya kepada mereka berapa porsi yang mereka makan per hari dengan tiga sayuran: bayam, kangkung, dan collard.

Skor peserta pada tes berpikir dan memori menurun dari waktu ke waktu pada tingkat 0,08 unit standar per tahun. Namun, tingkat penurunan untuk mereka yang makan sayuran berdaun hijau lebih lambat 0,05 unit standar per tahun dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit. Perbedaan ini setara dengan usia 11 tahun lebih muda.

Hasil ini masih berlaku ketika faktor-faktor seperti merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, tingkat pendidikan, dan jumlah aktivitas fisik dan kognitif diperhitungkan. Namun, penulis mencatat bahwa penelitian ini tidak membuktikan bahwa makan sayuran hijau daun memperlambat penuaan otak, itu hanya menunjukkan bahwa ada hubungan. Namun demikian, kecuali jika Anda alergi parah terhadap bayam, kangkung, atau collard, tidak ada salahnya memiliki lebih banyak sayuran hijau dalam makanan Anda.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: