Hindari Menopause Dini dengan Konsumsi Lebih Banyak Protein Nabati

TrubusLife
Syahroni
23 Juni 2020   17:00 WIB

Komentar
Hindari Menopause Dini dengan Konsumsi Lebih Banyak Protein Nabati

ilustrasi. (shutterstock)

Trubus.id -- Sayuran sudah terbukti baik untuk kesehatan. Namun kini bagi anda kaum wanita, ada alasan lain untuk memakannya. Yah, menurut sebuah studi, protein dapat membantu melindungi diri mereka terhadap menopause dini.

Epidemiolog dari Universitas Massachusetts, Amherst dan Amherst and the T.H. Chan School of Public Health di Universitas Harvard menemukan bahwa penyerapan protein nabati yang tinggi dari makanan seperti pasta yang diperkaya, roti gandum, kedelai dan tahu dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan fungsi sistem reproduksi wanita. Makan banyak sayuran juga dapat membantu mencegah menopause dini, kata para ilmuwan.

"Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana asupan protein nabati dikaitkan dengan penuaan ovarium dapat mengidentifikasi cara bagi wanita untuk memodifikasi risiko menopause dini dan kondisi kesehatan terkait," tulis Maegan Boutot, penulis utama studi dan mahasiswa pascasarjana di UMass Amherst.

Para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan oleh perawat 'Health Study II untuk melihat apakah ada hubungan antara asupan protein nabati dan kesehatan reproduksi di kalangan wanita.

Mereka menemukan bahwa antara 5 dan 10 persen wanita di dunia barat mulai menopause sebelum usia 45 tahun. Sementara wanita yang mengalami menopause dini berisiko lebih rendah terkena kanker payudara dan ovarium, menurut penelitian sebelumnya, mereka juga berada pada tingkat yang lebih tinggi. risiko untuk jenis kanker lainnya, diabetes, penyakit jantung, penyakit Alzheimer dan kepadatan tulang yang lebih rendah.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan kemungkinan korelasi antara diet dan menopause dini, kata para peneliti. Mereka penasaran untuk mencari tahu apakah ada bukti untuk sebuah tautan.

"Kami mengevaluasi hubungan asupan jangka panjang protein nabati, protein hewani, dan makanan kaya protein spesifik dengan kejadian menopause alami dini dalam kelompok Nurses 'Health Study II," catat mereka dalam penelitian tersebut.

Setelah mengoreksi faktor-faktor lain seperti riwayat medis, berat badan dan merokok, mereka menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih sedikit protein nabati cenderung mulai menopause lebih awal. Di sisi lain, wanita yang makan banyak sayuran memiliki risiko menopause dini yang jauh lebih rendah.

"Asupan makanan tertentu termasuk pasta, roti hitam, dan sereal dingin juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah," catat mereka.

Konsumsi protein hewani tampaknya tidak mempengaruhi usia onset untuk menopause. Studi ini telah dipublikasikan di American Journal of Epidemiology. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: