Mengatasi Transmisi COVID-19 di Dalam Ruangan Melalui Udara

TrubusLife
Hernawan Nugroho
31 Mei 2020   23:31 WIB

Komentar
Mengatasi Transmisi COVID-19 di Dalam Ruangan Melalui Udara

Studi ini menyoroti peningkatan ventilasi bangunan sebagai rute yang memungkinkan untuk mengatasi transmisi dalam ruangan Covid-19. (gettyimages)

Trubus.id -- Mencegah penularan Covid-19 ke udara harus menjadi medan pertempuran berikutnya melawan virus, kata para pakar dari University of Surrey.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Interaksi Kota dan Lingkungan, para ilmuwan dari Pusat Global untuk Penelitian Udara Bersih (GCARE) Surrey, bersama dengan mitra dari Universitas dan Teknologi Queensland Australia, berpendapat bahwa kurangnya ventilasi yang memadai di banyak lingkungan dalam ruangan - dari tempat kerja ke rumah - meningkatkan risiko penularan Covid-19 ke udara.

Baca Lainnya : Pasien COVID-19 yang Menjalani Operasi Memiliki Risiko Kematian Pascaoperasi

Covid-19, seperti banyak virus, berukuran kurang dari 100 juta tetapi tetesan ekspirasi (dari orang yang batuk atau bersin) mengandung air, garam, dan bahan organik lainnya, bersama dengan virus itu sendiri. Para ahli dari GCARE dan Australia mencatat bahwa ketika kadar air dari tetesan menguap, materi mikroskopis menjadi kecil dan cukup ringan untuk tetap tergantung di udara dan seiring waktu konsentrasi virus akan menumpuk, meningkatkan risiko infeksi - terutama jika udaranya stagnan seperti di banyak lingkungan dalam ruangan.

Studi ini menyoroti peningkatan ventilasi bangunan sebagai rute yang memungkinkan untuk mengatasi transmisi dalam ruangan Covid-19.

Profesor Prashant Kumar, penulis utama dan Direktur GCARE di Universitas Surrey, mengatakan: "Bulan-bulan terakhir ini, hidup melalui krisis Covid-19, benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi kita harus mengubah tragedi global ini menjadi peluang untuk lebih baik bersiap untuk ancaman serupa.

Baca Lainnya : Orang Yang Terjangkit Ringan Covid-19 Masih Punya Kekebalan Tubuh

Ventilasi dalam ruangan yang ditingkatkan adalah langkah penting yang dapat diambil untuk mengurangi risiko infeksi. Namun, lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengenali dan memahami penularan melalui udara Covid-19 dan virus sejenis, untuk meminimalkan penumpukan udara yang sarat virus di tempat-tempat yang biasanya mengandung kepadatan tinggi orang. "

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: