Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
30 Mei 2020   20:09 WIB

Komentar
Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

Anda dapat menggunakan semua jenis surfaktan sabun untuk mencapai hal ini, tetapi sabun cuci piring dikatakan salah satu yang paling efektif. (gettyimages)

Trubus.id -- Para pemakai kacamata di antara kita kemungkinan besar akan menghadapi tantangan baru dalam beberapa bulan terakhir: ketika Anda memakai masker wajah Anda, kacamata Anda langsung berkabut. Tapi jangan takut, ada beberapa trik dan teknik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keadaan yang agak menyebalkan ini.

Salah satu teknik berasal dari dua ahli bedah di Inggris yang menulis makalah di Annals of Royal College of Surgeons of England pada tahun 2011 yang menjelaskan bagaimana dokter menjaga kacamata mereka agar tidak berkabut saat melakukan operasi di ruang operasi. Yang terbaik dari semuanya, itu hanya membutuhkan sabun dan air.

“Segera sebelum mengenakan masker wajah, cuci kacamata dengan air sabun dan buang kelebihannya. Kemudian, biarkan kacamata mengering atau dengan lembut mengeringkan lensa dengan tisu lembut sebelum mengenakannya kembali, ”tulis Sheraz Shafi Malik dan Shahbaz Shafi Malik di kertas mereka.

"Sekarang, lensa kacamata seharusnya tidak kabur ketika masker wajah dipakai."

Mereka menjelaskan bahwa kabut terjadi dari uap air hangat yang mengembun di permukaan lensa yang lebih dingin. Namun, jika kacamata baru dicuci dengan air sabun, maka lensa akan ditutupi oleh lapisan tipis surfaktan - suatu zat yang mengurangi tegangan permukaan air. Ini menghentikan uap air kondensasi dari membentuk tetesan besar pada lensa, yang dapat mengaburkan penglihatan dan membantu untuk menyebarkan molekul air secara merata ke dalam lapisan transparan.

Baca Lainnya : Memakai Masker Bolak-balik dan Lebih dari 8 Jam Malah Berbahaya untuk Kesehatan

Anda dapat menggunakan semua jenis surfaktan sabun untuk mencapai hal ini, tetapi sabun cuci piring dikatakan salah satu yang paling efektif. Juga dimungkinkan untuk membeli semprotan anti-kabut, yang sering digunakan oleh perenang dan penyelam scuba untuk menghentikan kacamata mereka dari kabut. Beberapa perenang bahkan mengoleskan sedikit ludah pada kacamata mereka karena cairan tersebut membantu mencegah kondensasi lebih lanjut, meskipun tidak jelas seberapa efektif (atau menyenangkan) teknik ini dengan kacamata dan masker wajah.

Tulisan lain di American Society of Plastic Surgeons merekomendasikan menempelkan selotip di pangkal hidung, yang menurut para ahli bedah membantu bertindak sebagai penghalang antara bagian atas topeng dan kacamata.

Jika Anda menggunakan masker wajah yang mengikat bagian belakang kepala dengan tali, berbeda dengan desain topeng yang melingkari telinga Anda, Anda juga dapat mencoba teknik lain. Dilaporkan dalam Annals of Royal College of Surgeons of England, ahli bedah DJ Jordan dan R Pritchard-Jones merekomendasikan untuk mengikat tali masker wajah dengan dasi bawah di atas telinga dan dasi atas di bawah telinga secara silang.

Baca Lainnya : Masker Terbaik Didapat dengan Memadukan Jenis Kain yang Berbeda

"Pendekatan ini memungkinkan segel lebih dekat di atas hidung dan sepanjang punggungan infraorbital, menghentikan ventilasi di bagian superior facemask, dan membentuk dua 'ventilasi' lateral, memungkinkan udara yang dihembuskan untuk melarikan diri," tulis mereka.

Jika tidak satu pun dari teknik ini cukup, maka pegang erat-erat. Pemanasan musim semi cuaca akan membantu untuk mencegah lensa Anda berkabut karena suhu di luar ruangan dan lensa Anda akan lebih dekat dengan suhu napas Anda, membuat kondensasi lebih kecil kemungkinannya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: