Ilmuwan Ciptakan Tanaman yang Dapat Mendetoksifikasi Udara di Rumah Anda

29 Mei 2020   09:00 WIB

Ilmuwan Ciptakan Tanaman yang Dapat Mendetoksifikasi Udara di Rumah Anda

Tanaman penyerap polutan. (Earth.com)

Trubus.id -- Para peneliti di Universitas Washington telah secara genetis memodifikasi tanaman umum untuk menghilangkan kloroform dan benzena dari udara di sekitarnya. Tumbuhan telah direkayasa untuk mengekspresikan protein yang mampu mengubah senyawa berbahaya ini menjadi molekul yang dapat digunakan tanaman untuk mendukung pertumbuhannya sendiri.

Kloroform dan benzena berpotensi zat berbahaya yang biasa ditemukan di rumah, dan molekul ini terlalu kecil untuk dijebak dengan filter udara. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science and Technology.

"Orang-orang belum benar-benar berbicara tentang senyawa organik berbahaya ini di rumah, dan saya pikir itu karena kita tidak bisa melakukan apa pun tentang mereka," kata penulis senior Profesor Stuart Strand. "Sekarang kami sudah menanam tanaman hias untuk menghilangkan polutan ini untuk kami."

Tim ingin menguji protein yang disebut sitokrom P450 2E1, yang ada di hati manusia dan semua mamalia lainnya. Di dalam tubuh kita, 2E1 mengubah benzena menjadi bahan kimia yang disebut fenol dan mengubah kloroform menjadi karbon dioksida dan ion klorida.

“Kami memutuskan bahwa reaksi ini seharusnya terjadi di luar tubuh pada tanaman, contoh konsep 'hati hijau',” kata Profesor Strand. “Dan 2E1 juga bisa bermanfaat bagi pabrik. Tumbuhan menggunakan ion karbon dioksida dan klorida untuk membuat makanan mereka, dan mereka menggunakan fenol untuk membantu membuat komponen dinding sel mereka. "

Para peneliti mengembangkan versi sintetis gen yang mengatur bentuk 2E1 yang ditemukan pada kelinci. Mereka mendistribusikannya ke seluruh tanaman hias yang umum sehingga setiap sel dalam tanaman mengekspresikan protein.

"Keseluruhan proses ini memakan waktu lebih dari dua tahun," kata pemimpin penulis studi, Long Zhang, yang adalah ilmuwan riset di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan UW. “Itu waktu yang lama, dibandingkan dengan tanaman lab lainnya, yang mungkin hanya memakan waktu beberapa bulan. Tapi kami ingin melakukan ini di pothos karena itu adalah tanaman rumah yang kuat yang tumbuh baik di bawah segala kondisi. "

Untuk menguji kapasitas detoksifikasi tanaman yang dimodifikasi, tim menempatkan tanaman bersama dengan pothos ivy biasa dalam tabung reaksi dan kemudian menambahkan gas benzena atau kloroform ke setiap tabung. Para peneliti kemudian memantau konsentrasi polutan dalam tabung selama 11 hari.

Di antara tanaman biasa, konsentrasi benzena dan kloroform tidak berubah seiring waktu. Untuk tanaman yang dimodifikasi, konsentrasi kloroform turun 82 persen setelah tiga hari, dan hampir tidak terdeteksi setelah enam hari. Pada hari ke delapan, konsentrasi benzena telah turun sekitar 75 persen.

Menurut Profesor Strand, tanaman pemurnian ini akan bekerja paling baik di rumah jika dipasangkan dengan sesuatu untuk menggerakkan udara di sekitar seperti kipas.

"Jika Anda memiliki tanaman yang tumbuh di sudut ruangan, itu akan memiliki efek di ruangan itu," katanya. "Tapi tanpa aliran udara, akan membutuhkan waktu lama bagi molekul di ujung lain rumah untuk mencapai tanaman."

Tim ini sekarang meningkatkan kemampuan tanaman dengan menambahkan protein yang dapat memecah formaldehyde, yang merupakan molekul berbahaya lain yang ditemukan di rumah.

"Ini semua adalah senyawa stabil, jadi sangat sulit untuk menghilangkannya," kata Profesor Strand. "Tanpa protein untuk memecah molekul-molekul ini, kita harus menggunakan proses berenergi tinggi untuk melakukannya. Jauh lebih sederhana dan lebih berkelanjutan untuk menggabungkan semua protein ini dalam satu tanaman hias. " [RN]