Komposisi Tanah Mainkan Peran Utama dalam Keanekaragaman Hayati Hutan Tropis

TrubusLife
Syahroni
29 Mei 2020   08:00 WIB

Komentar
Komposisi Tanah Mainkan Peran Utama dalam Keanekaragaman Hayati Hutan Tropis

Ilustrasi. (Earth.com)

Trubus.id -- Para pakar di Oregon State University telah mengidentifikasi cara luar biasa yang dikelola hutan tropis untuk mempertahankan keanekaragaman hayati mereka tanpa mengambil alih spesies tertentu atau yang lainnya mati. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka adalah "musuh" alami dalam bentuk jamur dan arthropoda yang membunuh bibit di tanah yang mengelilingi pohon inang, yang mencegah spesies pohon menjadi dominan.

Penyebaran benih juga memainkan peran penting dalam mempromosikan keanekaragaman hayati di hutan tropis. Benih memiliki peluang untuk terbentuk ketika mamalia atau burung membawanya ke wilayah baru di mana jamur dan artropoda di tanah menyasar spesies pohon lain.

Menurut para peneliti, pembatasan rekrutmen pohon di dekat pohon dewasa menciptakan efek stabilisasi jangka panjang yang menguntungkan spesies langka dan menghambat yang umum.

“Di banyak hutan Amerika Utara, pohon bersaing untuk mendapatkan ruang dan beberapa memiliki ceruk yang memungkinkan mereka untuk mengalahkan yang lain,” kata pemimpin penulis studi Taal Levi. “Douglas-firs adalah spesies yang tumbuh paling baik setelah kebakaran. Hemlock tumbuh subur di tempat teduh dan tumbuh dengan baik di bawah kanopi. Beberapa spesies baik pada ketinggian. ”

“Tetapi di daerah tropis, semua spesies pohon tampaknya memiliki keunggulan kompetitif yang serupa. Ada banyak spesies, tetapi hanya sedikit individu dari masing-masing spesies. Peluang untuk berkedip harus tinggi. Tetapi harus ada mekanisme yang menjaga satu spesies dari menjadi umum, menjadi dominan. Dan musuh alami inilah yang memiliki kekhususan tuan rumah yang tinggi. ”

Egbert Leigh dari Smithsonian Tropical Research Institute menunjukkan bahwa setengah kilometer persegi hutan di Kalimantan atau di Amazon berisi sebanyak mungkin spesies pohon sebanyak 4.2 juta kilometer hutan zona sedang di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Levi mengatakan beberapa hutan tropis memiliki sebanyak 1.000 spesies pohon berbeda yang hidup di wilayah umum yang sama. Para penulis penelitian, yang juga dari Universitas Florida dan Universitas James Cook di Australia, menemukan bahwa hubungan erat antara pohon dan musuh alami mereka adalah pendorong utama keanekaragaman ini.

“Ada 'bayangan benih' di sekitar pohon dewasa dan beberapa lolos dari kurva dan keluar, memungkinkan perekrutan di daerah lain sampai musuh spesifik tuan rumah didirikan di lokasi baru,” kata Levi. "Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga keanekaragaman hayati burung dan mamalia di hutan-hutan ini, atau perekrutan pada akhirnya akan menurun - terutama di daerah perburuan berlebihan." [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: