Bagi Pemula, Ini Dia Cara Pindahkan Tanaman ke Pot yang Baik dan Benar

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Mei 2020   09:00 WIB

Komentar
Bagi Pemula, Ini Dia Cara Pindahkan Tanaman ke Pot yang Baik dan Benar

Ilustrasi (Pixabay/Engin_Akyurt)

Trubus.id -- Menjalani Work From Home (WFH) terkadang muncul asa jenuh karena hampir seluruh aktivitas dilakukan di rumah. Mobilitas fisik menjadi terbatas dan bisa menyebabkan stres karena terlalu jenuh dengan pekerjaan. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan melihat tanaman di  teras atau halaman rumah.  

Ratih Kemala Dewi, dosen IPB University dari Program Studi Teknologi Industri Benih dan Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian, meyampaikan untuk mengatasi kejenuhan, kita bisa mengecek apakah tanaman tersebut sudah terlalu besar sehingga mengurangi estetika atau sudahkah bagian akar dari tanaman tersebut sudah muncul di permukaan pot. Atau keluar menjalar dari pot hingga tertancap pada tanah di bawahnya. Bila sudah menemukan hal tersebut maka tanaman perlu di-repotting atau dipindahkan ke pot yang baru, yang lebih besar atau yang lebih cantik.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi jenis tanaman yang perlu dipindah. Siapkan pot tanaman sesuai keadaan tanaman. Pilih pot yang dapat menambah estetika atau keindahan dari tanaman. Siapkan media tanam, media tanam yang lama perlu diganti supaya tanaman mendapatkan lingkungan tumbuh yang baru. Pastikan komposisi media tanam tidak terlalu berat atau padat.

Gunakan campuran tanah : arang sekam : pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Ambil tanaman dari pot yang lama dengan hati-hati. Caranya dengan menekan-nekan bagian luar pot terlebih dahulu, setelah dirasa mulai longgar tanaman dapat diambil dari potnya dengan cara menarik bagian pangkal tanaman. Bersihkan media tanam yang lama di sekitar perakaran dengan hati-hati. Jaga akarnya jangan sampai rusak. Potong ujung akarnya.

Potong bagian ujung akar sekitar 2-3 cm untuk merangsang pertumbuhan akar baru. Tanam pada pot yang baru. Caranya dengan memasukkan tanaman yang sudah dipotong ujung akarnya ke pot baru yang sudah terisi media. Isi pot dengan tanah sebanyak sepertiganya, lalu pindahkan tanamannya, kemudian penuhi pot dengan media tanam hingga penuh. Basahi tanaman dan media dengan air.

“Lakukan dengan penuh cinta dan kehati-hatian supaya tanaman tetap rapi. Berikan air hingga air menetes dari bagian bawah pot. Susun pot tanaman dengan rapi dan cantik sehingga menambah keindahan teras atau halaman rumah. Terakhir, lakukan seluruh proses repotting mulai dari persiapan bahan dan alat, membuat formulasi media tanam, hingga pindah tanam dan penyusunan pot bersama keluarga tersayang. Pasti seru. Rawat terus ya tanaman hiasnya," pungkasnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: