Suplemen Vitamin D Dapat Bantu Melawan Obesitas pada Anak-anak

TrubusLife
Syahroni
24 Mei 2020   17:00 WIB

Komentar
Suplemen Vitamin D Dapat Bantu Melawan Obesitas pada Anak-anak

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Obesitas anak adalah epidemi yang berkembang di seluruh dunia dan menurut Centers for Disease Control (CDC), pada tahun 2016 hampir 1 dari 5 anak usia sekolah di AS dianggap obesitas.

Ada banyak risiko kesehatan yang terkait dengan obesitas pada masa kanak-kanak termasuk perkembangan diabetes, masalah metabolisme, dan penyakit jantung di kemudian hari.

Sebuah studi baru, yang dilakukan oleh para peneliti dari National and Kapodistrian University of Athens Medical School di Yunani, menemukan bahwa suplemen vitamin D bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk memerangi obesitas pada remaja dan anak-anak.

Penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan European Society for Pediatric Endocrinology tahunan ke-57.

Kekurangan vitamin D biasanya terkait dengan kesehatan tulang yang buruk dan tidak mendapatkan cukup sinar matahari.

Namun, ada banyak penelitian tentang vitamin D dan potensi untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi faktor risiko penyakit metabolik dan obesitas.

Untuk memahami bagaimana Vitamin D berdampak pada tingkat obesitas pada orang muda, 232 anak-anak dan remaja obesitas dipilih untuk berpartisipasi dalam penelitian ini.

Selama 12 bulan, 117 dari peserta anak diberi dosis vitamin D yang direkomendasikan secara teratur. Para peneliti mengukur kadar vitamin D dan mengambil sampel darah untuk mengevaluasi kesehatan hati dan jantung pada awal dan akhir penelitian.

Pada akhir 12 bulan, 117 anak-anak yang telah diberikan suplemen vitamin D memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, lemak tubuh dan kadar kolesterol yang lebih baik sesuai dengan hasilnya.

"Temuan ini menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D sederhana dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan dan anak-anak obesitas yang mengembangkan komplikasi jantung dan metabolisme yang serius di kemudian hari," kata Evangelia Charmandari, peneliti utama studi tersebut.

Hasil positif dari penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin D dapat menjadi aset yang membantu dalam memerangi obesitas dan penyakit metabolisme.

Rencana peneliti selanjutnya untuk mempelajari dampak suplemen Vitamin D pada anak-anak dan remaja dengan masalah kesehatan yang didiagnosis seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: