Serbuk Sari Bunga Matahari Melindungi Lebah dari Infeksi

TrubusLife
Syahroni
21 Mei 2020   07:00 WIB

Komentar
Serbuk Sari Bunga Matahari Melindungi Lebah dari Infeksi

Lebah madu diselimuti serbuk sari bunga matahari. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah studi baru yang dipimpin oleh ilmuan dari North Carolina State University telah mengungkapkan bahwa serbuk sari bunga matahari membuat lebah lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Para peneliti menemukan bahwa lebah secara dramatis menurunkan tingkat infeksi oleh patogen spesifik ketika mereka diberi makan serbuk sari bunga matahari.

Pada lebah, lebah bunga matahari ditemukan untuk mengurangi infeksi oleh patogen tertentu, Crithidia bombi. Serbuk sari bunga matahari melindungi lebah madu Eropa dari patogen yang berbeda, Nosema ceranae. Kedua patogen telah terbukti menghambat pertumbuhan koloni lebah dengan meningkatkan tingkat kematian.

Lebah madu, bagaimanapun, juga terkena dampak negatif oleh diet serbuk sari bunga matahari. Lebah-lebah ini memiliki tingkat kematian yang kira-kira setara dengan lebah madu yang tidak diberi makanan serbuk sari, dan tingkat kematian empat kali lebih tinggi dari lebah madu yang diberi serbuk sari gandum.

Efek kematian ini tidak diamati pada lebah. Faktanya, lebah yang lemah menunjukkan kesehatan koloni yang lebih baik ketika diberi makan serbuk bunga matahari dibandingkan dengan serbuk sari dari bunga lain.

Rekan penulis studi Jonathan Giacomini mengatakan bahwa lebah tampaknya sudah terampil mengumpulkan serbuk sari bunga matahari. Menurut Giacomini, sekitar dua juta hektar di Amerika Serikat dan 10 juta hektar di Eropa dikhususkan untuk bunga matahari setiap tahunnya.

“Kami sudah mencoba serbuk sari monofloral lain, atau serbuk sari yang berasal dari satu bunga, tetapi kami tampaknya telah memukul jackpot dengan serbuk sari bunga matahari,” kata rekan penulis senior Profesor Rebecca Irwin. "Tidak ada orang lain yang telah kami pelajari yang memiliki efek positif yang konsisten ini pada kesehatan lebah."

Profesor Irwin menjelaskan bahwa serbuk sari bunga matahari tidak boleh dianggap sebagai makanan mandiri bagi populasi lebah karena rendah protein dan beberapa asam amino. Dia mengatakan bahwa bunga matahari bisa menjadi tambahan yang baik untuk populasi bunga liar yang beragam untuk lebah, terutama lebah dan lebah madu.

"Kami tidak tahu apakah serbuk sari bunga matahari membantu lebah inang melawan patogen atau apakah serbuk sari bunga matahari melakukan sesuatu terhadap patogen," kata Profesor Irwin. Tim NC State berencana untuk menganalisis ini secara lebih rinci, dan juga akan menyelidiki apakah spesies lebah lain menunjukkan efek positif dari serbuk sari bunga matahari.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: