Cara Apa yang Paling Sehat untuk Memasak Makanan? Ini Dia Penjelasannya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
19 Mei 2020   18:00 WIB

Komentar
Cara Apa yang Paling Sehat untuk Memasak Makanan? Ini Dia Penjelasannya

Metode mengukus ini bisa menjaga kandungan nutrisi dalam makanan. Menurut penelitian, mengukus juga merupakan cara terbaik memasak brokoli (istimewa)

Trubus.id -- Selama beraktivitas di rumah, apakah Trubus mania jadi berkesempatan untuk memasak? Memasak makanan ada banyak caranya, mulai dari menggoreng, memanggang, menumis, merebus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biasanya, cara memasak makanan juga disesuaikan dengan jenis makanan dan bahan dalam makanan itu. Meskipun memasak makanan membuat makanan jadi aman dikonsumsi, ternyata panas bisa memengaruhi perubahan nutrisi dalam makanan.

Lalu, cara memasak yang paling sehat itu yang bagaimana?

Memasak makanan membantu membunuh bakteri atau kuman yang menempel pada bahan makanan, sehingga, memasak makanan membuat makanan jadi lebih aman untuk dikonsumsi. Pada sayuran, suhu panas yang digunakan untuk memasak bisa memecahkan dan menghilangkan 15 – 20 persen vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, dan potasium.

Baca Lainnya : Perlu Diketahui, Ini Cara Paling Sehat Memasak Telur

Memasak dengan air bisa mengurangi kadar vitamin C, kebanyakan vitamin B kompleks, dan potasium. Sedangkan memasak dengan lemak (minyak), bisa mengurangi vitamin A, D, dan E.

Tapi ada juga bahan makanan yang nutrisinya jadi lebih baik setelah dimasak, seperti bayam, tomat, dan wortel. Sebabnya, panas membantu pelepasan antioksidan dengan cara memecah dinding sel, sehingga kandungan yang sehat lebih mudah tersalurkan dari makanan ke tubuh.

Jadi, setiap metode memasak memiliki pengaruh yang berbeda terhadap nutrisi makanan yang berbeda juga.

1. Merebus

Metode merebus makanan biasaya dilakukan untuk memasak sayuran atau pasta. Dengan metode merebus makanan, suhu yang tinggi dan volume air yang banyak bisa membuat vitamin yang larut dalam air ikut larut.

Tapi, di sisi lain ada juga jenis makanan yang paling baik direbus untuk menjaga nutrisi di dalamnya, yaitu wortel dan brokoli. Metode merebus wortel dan brokoli ini dianggap lebih baik dibandingkan mengukus, menggoreng, atau memakannya secara mentah. Pada sayuran tertentu, merebus bisa meningkatkan jumlah antioksidan karoteinoid di dalamnya.

2. Mengukus

Mengukus makanan biasanya digunakan untuk memasak sayuran ataupun daging ikan. Dengan metode ini, makanan tidak benar-benar dipanaskan dalam air, namun dipanaskan dengan uap dari air yang dipanaskan.

Metode mengukus ini bisa menjaga kandungan nutrisi dalam makanan. Menurut penelitian, mengukus juga merupakan cara terbaik memasak brokoli.

3. Merebus Perlahan (Stew)

Metode ini biasanya digunakan untuk masakan daging, ikan, atau sayuran yang berkuah. Daging dimasak dengan cairan, namun suhunya tidak terlalu panas namun dalam waktu lama.

Lamanya waktu memasak dan paparan panas bisa membuat kandungan vitamin C berkurang. Namun, nutrisi lainnnya dalamnya tetap ada di dalam cairan atau kuah yang dimasak, selama makanan itu disajikan bersama kuahnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah Biji Bunga Matahari Mengandung Karsinogen Beracun?

Plant & Nature   04 Juni 2020 - 11:08 WIB
Bagikan: