Lawan Covid-19, Begini Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

TrubusLife
Astri Sofyanti
19 Mei 2020   09:00 WIB

Komentar
Lawan Covid-19, Begini Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ilustrasi - Hasil CT scan paru-paru yang menunjukkan pneumonia, virus corona penyebab Covid-19. (Istockphoto/Yodiyim)

Trubus.id -- Merebaknya pandemi Covid-19 ke hampir seluruh belahan dunia termasuk Indonesia, membuat banyak ilmuwan dan pakar kesehatan mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Seperti kita ketahui, virus corona merupakan penyakit yang menyerang organ paru-paru.

Paru-paru merupakan organ penting dalam tubuh. Ketika seseorang mengalami masalah yang berhubungan dengan paru-paru, tentunya pernapasan juga akan ikut terganggu dan mengalami masalah. Hal ini terjadi karena organ tersebut berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah. Sehingga ketika mengalami gangguan maka tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik

Untuk menghindari paparan dan memutus rantai penularan Covid-19, pemerintah meminta masyarakat untuk konsisten menerapkan physical distancing dan tetap berada di rumah, terlebih sejak beberapa waktu lalu pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tak hanya itu, pemerintah juga tak henti-henti mengimbau masyarakat untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebagai langkah preventif mencegah Covid-19. Menjaga kesehatan paru-paru pada akhirnya menjadi sama pentingnya dengan mencuci tangan secara rutin.

Berikut enam cara menjaga kesehatan paru-paru yang dirangkum dari banyak sumber:

Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru, tidak hanya itu faktanya, merokok dapat menimbulkan penyakit paru-paru, seperti bronkitis dan asma. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang jika menggumpal di dalam paru-paru dapat merusak fungsi paru-paru.

Olahraga secara rutin

Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur juga baik dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sama seperti olahraga menjaga tubuh untuk tetap bugar, hal ini juga membuat paru-paru tetap sehat.

Tubuh pun memerlukan lebih banyak oksigen untuk menyuplai otot. Paru-paru akan meningkatkan kinerja untuk mengirim oksigen sekaligus membuang karbondioksida. Makin banyak olahraga atau bergerak aktif, makin kuat dan sehat paru-paru.

Dengan melakukan olahraga yang teratur, kinerja jantung akan meningkat secara otomatis sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah banyak.

Olahraga tidak perlu dilakukan terlalu lama. Cukup 10-20 menit setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan membuat tubuh akan semakin sehat.

Hindari Paparan Polutan

Paparan polutan di udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Ketika masih muda dan kuat, paru-paru dapat dengan mudah melawan racun ini. Namun, seiring bertambahnya usia, mereka kehilangan sebagian dari resistensi itu dan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Selalu Gunakan Masker

Hindari asap rokok dari perokok aktif dan debu. Debu juga dapat mengganggu kesehatan paru-paru, debu yang sering kita temui di jalan bahkan di rumah bisa dengan mudah masuk ke dalam pernafasan. Maka jika terpaksa harus melakukan kegiatan di luar, kamu wajib menggunakan masker.

Ambil Nafas dalam

Sesekali beri kesempatan paru-paru untuk memperoleh lebih banyak asupan udara. Ini akan membantu membersihkan paru-paru dan lebih banyak masukan oksigen.

Pernapasan pendek biasanya menggunakan dada sedangkan pernapasan mendalam memanfaatkan perut atau diafragma. Saat praktik pernapasan mendalam, perut atau diafragma akan melebar. Selain menyehatkan saluran pernapasan, latihan ini akan membuat seseorang jauh lebih rileks dan dapat mengurangi stres.

Mengonsumsi makan makanan sehat

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang terakhir dengan menerapkan pola makan sehat. Perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya akan ampuh untuk membersihkan paru-paru.

Makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah merupakan bahan wajib yang ada di dalam menu makanan sehari-hari agar kotoran yang menggumpal di paru-paru dapat segera bersih.

Sebaliknya, hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah Biji Bunga Matahari Mengandung Karsinogen Beracun?

Plant & Nature   04 Juni 2020 - 11:08 WIB
Bagikan: