Jadi Santapan Primadona Saat Ramadan, Kolang-Kaling Punya Segudang Manfaat

TrubusLife
Astri Sofyanti
18 Mei 2020   15:00 WIB

Komentar
Jadi Santapan Primadona Saat Ramadan, Kolang-Kaling Punya Segudang Manfaat

Kolang-kaling. (Antara Foto)

Trubus.id -- Kolang-kaling menjadi salah satu kudapan yang mudah kita jumpai baik di pedagang sayu, pasar tradisional higga supermarket. Saat bulan Ramadan, Kolang-kaling menjadi salah satu hidangan berkuka puasa yang banyak digemari masyarakat.

Kolang-kaling biasanya diolah menjadi manisan, kolak, atau campuran es buah. Takaran konsumsinya kira-kira 100 gram per hari.

Kolang-kaling mengandung bermacam nutrisi yang diperlukan tubuh. Zat gizi yang terdapat pada kolang-kaling antara lain kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, dan vitamin D. Seperti kita tahu, nutrisi-nutrisi tersebut berkontribusi bagi kesehatan kita.

Yuk simak beragam manfaat kolang-kaling di kenyal yang jadi primadona saat Ramadan:

Sumber energi

Karbohidrat yang terkandung di dalam berperan penting dalam pembentukan energi. Saat dicerna, karbohidrat ini akan berubah menjadi glukosa, yang diolah menjadi sumber energi utama. Karena kandungan karbohidratnya, kolang-kaling juga membuat kita merasa kenyang lebih lama, yang bagus juga dikonsumsi Anda yang sedang merencanakan program penurunan berat badan.

Mengatasi sembelit

Manfaat serat yang terkandung dalam kolang-kaling adalah melancarkan sistem pencernaan. Buah yang satu ini juga mengandung banyak vitamin, mulai dari A, B, dan C. Selain itu, kolang-kaling juga kaya mineral yang diperlukan tubuh, seperti protein, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Meredakan nyeri sendi

Kolang-kaling mengandung zat galaktomanan yang kerap dipakai sebagai bahan dasar obat nyeri sendi. Jika mengalami keluhan pada sendi, cobalah untuk mengonsumsi kolang-kaling rebus tanpa tambahan gula secara teratur setiap hari.

Meremajakan kulit dan otot

Di dalam kolang-kaling, terkandung pula gelatin, yang membuat teksturnya kenyal dan liat. Ketika dicerna tubuh, gelatin menjadi senyawa penting yang dipakai tubuh untuk diubah menjadi kolagen, yang fungsinya antara lain menjaga keremajaan kulit, otot, tulang, kuku, dan rambut.

Mencegah osteoporis

Manfaat kalsium pada kolang-kaling berperan penting menjaga kesehatan tulang. Jadi, rajin mengonsumsi kolang-kaling mampu menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Semoga kini lebih banyak orang lebih bersemangat menyantap kolang-kaling ya Trubus Mania..

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: