Ini Saran Ahli untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19 Pada Kucing Peliharaan Anda

TrubusLife
Syahroni
14 Mei 2020   21:00 WIB

Komentar
Ini Saran Ahli untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19 Pada Kucing Peliharaan Anda

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah penelitia yang dipublikasikan hari ini (13/5) di New England Journal of Medicine menyebutkan, kucing dapat dengan mudah terinfeksi oleh SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dan mungkin dapat menularkan virus ini ke kucing lainnya.

Kondisi ini tentu membuat banyak pecinta binatang, khususnya kucing khawatir. Untuk itu, peneliti menyarankan agar orang dengan gejala COVID-19 menghindari kontak dengan kucing. Mereka juga menyarankan pemilik kucing untuk menjaga hewan peliharaan mereka di dalam ruangan, untuk membatasi kontak kucing mereka dengan orang lain dan hewan.

Profesor Ilmu Patobiologi di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wisconsin, Yoshihiro Kawaoka yang memimpin penelitian sendiri prihatin dengan kesejahteraan hewan. Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, "tidak ada pembenaran dalam mengambil tindakan terhadap hewan peliharaan yang dapat membahayakan kesejahteraan mereka."

Baca Lainnya : Terbukti, Kucing Dapat Terinfeksi dan Menularkan COVID-19 ke Kucing Lainnya

Manusia tetap menjadi risiko terbesar bagi manusia lain dalam penularan virus. Tidak ada bukti kucing mudah menularkan virus ke manusia, juga tidak ada kasus yang didokumentasikan di mana manusia menjadi sakit dengan COVID-19 karena kontak dengan kucing.

Namun, ada beberapa contoh kucing yang dikonfirmasi terinfeksi karena kontak dekat dengan manusia yang terinfeksi virus, dan beberapa kucing besar di Kebun Binatang Bronx juga dinyatakan positif terkena virus. Kucing-kucing itu menunjukkan tanda-tanda penyakit pernapasan ringan dan diharapkan pulih sepenuhnya.

Sandra Newbury, direktur Program Kedokteran Penampungan UW-Madison. Newbury memimpin studi penelitian di beberapa negara bagian di AS untuk menguji kucing tempat penampungan hewan yang sebelumnya mungkin pernah terkena kasus COVID-19 pada manusia.

Baca Lainnya : Studi Terbaru Menunjukkan, Kucing Jauh Lebih Rentan Terhadap Covid-19 daripada Anjing

Jadi, apa yang harus dilakukan pemilik hewan peliharaan?

Ruthanne Chun, associate dekan untuk urusan klinis di UW Veterinary Care, menawarkan saran berikut:

  • Jika hewan peliharaan Anda tinggal di dalam ruangan bersama Anda dan tidak bersentuhan dengan individu positif COVID-19 apa pun, aman untuk memeluk, dan berinteraksi dengan hewan peliharaan Anda.
  • Jika Anda positif COVID-19, Anda harus membatasi interaksi dengan hewan peliharaan Anda untuk melindunginya dari paparan virus.
  • Panduan tambahan tentang mengelola hewan peliharaan di rumah di mana orang sakit dengan COVID-19 tersedia dari American Veterinary Medical Association dan CDC, termasuk dalam FAQ ini dari AVMA.

"Seperti biasa, pemilik hewan harus menyertakan hewan peliharaan dan hewan lain dalam perencanaan kesiapsiagaan darurat mereka, termasuk menjaga persediaan makanan dan obat-obatan selama dua minggu. Persiapan juga harus dibuat untuk perawatan hewan jika Anda perlu dikarantina atau dirawat di rumah sakit karena sakit." katanya. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: