Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari saat Puasa Agar Tetap Sehat Selama Ramadan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
14 Mei 2020   07:00 WIB

Komentar
Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari saat Puasa Agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Sayangnya, banyak orang yang tidak memerhatikan nutrisi makanan. Tidak sedikit pula yang mengonsumsi makanan kurang sehat, seperti mi instan, junk food, makanan manis, dan lain-lain (gettyimages)

Trubus.id --  Selama Ramadan penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kualitas puasa kita.

Asupan makanan menjadi hal penting yang tidak bisa kita lewatkan.  Makanan berfungsi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah tiga kebiasaan makan yang harus kita hindari selama puasa.

1. Tidak Sahur

Sahur merupakan salah satu waktu makan penting selama menjalankan puasa. Makan di waktu sahur berperan sebagai pemasok energi sebelum kita menahan haus dan lapar selama kurang lebih 13 jam.

Tidak sahur bisa menyebabkan kita kekurangan asupan energi dan membuat tubuh terasa lemas di siang hari. Selain itu, tidak sahur juga bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini disebabkan kita kurang mendapatkan asupan cairan sebelum berpuasa.

Baca Lainnya : Menjaga Kesehatan Jantung Saat Berpuasa, Hindari Menu Ini Saat Berbuka dan Sahur

Jika dilakukan terus menerus, tubuh kita bisa kekurangan nutrisi dan sistem kekebalan tubuh menurun. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, tentunya kita jadi mudah untuk jatuh sakit.

2. Tidak Memerhatikan Nutrisi saat Sahur dan Buka Puasa

Sahur dan buka puasa adalah dua waktu makan utama selama bulan Ramadan. Karena itulah kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi di kedua waktu makan itu. Sahur dengan makanan bernutrisi bisa memberikan kita energi untuk menjalankan aktivitas. Selain itu, juga membantu organ tubuh untuk bekerja dengan baik. Saat buka puasa, makanan bernutrisi membantu untuk menggantikan energi yang hilang selama berpuasa.

Sayangnya, banyak orang yang tidak memerhatikan nutrisi makanan. Tidak sedikit pula yang mengonsumsi makanan kurang sehat, seperti mi instan, junk food, makanan manis, dan lain-lain.

Sedangkan makanan-makanan itu memiliki sedikit sekali nutrisi dan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Misalnya junk food biasanya banyak mengandung minyak dan juga perasa buatan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.

3. Makan Terlalu Banyak saat Berbuka Puasa

Saat sahur kita memang tidak disarankan untuk makan terlalu banyak. Hal ini karena semakin banyak asupan yang masuk, perut kita akan semakin keras pula untuk mencernanya.

Baca Lainnya : Makanan Pedas untuk Sahur dan Buka Puasa Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Bahayanya!

Jika hal itu terjadi kita bisa saja merasa lemas dan menjadi cepat merasa lapar. Namun, makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga bukan hal yang baik.  Apalagi jika kita berbuka puasa dengan makanan kurang sehat, seperti gorengan dan berbagai macam makanan manis.

Jadi saat berbuka puasa, makanlah secukupnya terlebih dahulu. Misalnya dengan mengonsumsi air putih dan buah. Baru dilanjut dengan makan berat setelah menjalankan salat dan lain sebagainya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah Biji Bunga Matahari Mengandung Karsinogen Beracun?

Plant & Nature   04 Juni 2020 - 11:08 WIB
Bagikan: