Studi: Mikrobioma Inti Tanaman Kopi Lebih Konsisten Terhadap Kondisi Lingkungan

05 Mei 2020   20:00 WIB

Studi: Mikrobioma Inti Tanaman Kopi Lebih Konsisten Terhadap Kondisi Lingkungan

Anggota tim Adam Martin mengumpulkan sampel akar kopi. (Roberta Fulthorpe)

Trubus.id -- Bagi kebanyakan orang, kopi adalah awal yang penting untuk memulai hari. Namun bagi tiga ilmuwan yang berbasis di Toronto, kopi lebih dari itu. Buat mereka, kopi merupakan subjek penelitian yang baik di dunia dengan iklim yang berubah.

Para ilmuwan ini mengeksplorasi jaringan akar kopi untuk mencari tanda-tanda "microbiome inti," atau untuk tanda-tanda mikroba, seperti bakteri dan jamur, yang membentuk kemitraan dengan tanaman kopi. Temuan mereka kemudian dipublikasikan di jurnal American Phytopathological Society.

Keberadaan mikroba yang konsisten dalam microbiome tanaman tertentu sangat menunjukkan hubungan yang menguntungkan, sementara pemahaman yang lebih baik tentang kemitraan mikroba kopi sangat membantu dalam menentukan praktik manajemen terbaik dan memprediksi respons kopi terhadap perubahan kondisi.

Untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang mikrobioma tanaman kopi, para ahli ekologi ini menggunakan metode sekuensing generasi berikutnya pada sampel dari sejumlah pertanian di Amerika Tengah yang berbeda secara drastis dalam kondisi lingkungan dan sistem manajemen. Mereka menemukan 26 bakteri dan 31 spesies jamur yang memenuhi kriteria sebagai mikrobioma inti. Beberapa dari spesies ini diketahui memiliki sifat menguntungkan tanaman dan harus diselidiki lebih rinci.

"Mikrobioma inti bakteri jauh lebih kuat dan konsisten, sedangkan mikrobioma jamur lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan yang diperkirakan akan berkembang seiring dengan perubahan iklim," kata Roberta Fulthorpe, salah satu ilmuwan di balik penelitian ini. "Kami juga menemukan bahwa jamur tampaknya terkait dengan karakteristik akar kopi sedangkan bakteri tidak." urainya lagi.

Temuan bahwa sejumlah spesies mikroba yang sangat berlimpah secara konsisten bertahan dalam kopi adalah luar biasa. Seperti yang dijelaskan oleh anggota tim Adam Martin: "Bahwa spesies yang sama ditemukan di sejumlah besar suhu, curah hujan, kondisi tanah, dan ketersediaan cahaya, adalah bukti baru dari microbiome inti yang sebenarnya ada dalam kondisi dunia nyata."

"Hasil kami membuka pintu untuk memahami apakah atau bagaimana mikrobioma dapat dikelola dalam sistem tanam dunia nyata. Pekerjaan kami juga menimbulkan pertanyaan menarik tentang apakah rasa secangkir kopi pagi kami dipengaruhi oleh mikroba tanaman."