Penemuan Baru Ini Dapat Membuka Jalan Bagi Pengganti Plastik Nabati

TrubusLife
Syahroni
16 April 2020   20:00 WIB

Komentar
Penemuan Baru Ini Dapat Membuka Jalan Bagi Pengganti Plastik Nabati

Pengganti Plastik Nabati. (Earth.com)

Trubus.id -- Mikroba hasil rekayasa genetika dapat digunakan untuk memecah bahan tanaman kayu dan menciptakan alternatif yang dapat terurai secara plastik untuk plastik. Menemukan alternatif ramah lingkungan dari plastik adalah misi yang diambil oleh sejumlah tim peneliti, dan fokus dari upaya ini biasanya adalah gula dan selulosa di dinding sel tanaman.

Tetapi sementara para peneliti telah mampu memecah bahan tanaman dan mengekstrak gula, polimer berlimpah yang disebut lignin dilucuti dalam proses tersebut. Lignin sangat berlimpah dan memiliki nilai yang sangat kecil sehingga biasanya hanya terbakar selama proses pembuatan.

Jika lignin ini dapat dipecah dan digunakan secara efisien, itu dapat digunakan untuk membuat bahan tahan lama yang bisa menggantikan plastik. Sayangnya, molekul itu besar, kompleks, dan menantang untuk dihancurkan, dan karena itu telah lama diabaikan sampai sekarang.

Para peneliti dari University of Madison-Wisconsin menemukan bahwa sebuah mikroba bernama Novosphingobium aromaticivorans secara efisien mencerna berbagai komponen lignin dan menghasilkan hidrokarbon aromatik yang lebih kecil dalam prosesnya. Sebuah studi yang merinci bagaimana bakteri memecah lignin dan potensi implikasi masa depan untuk mikroba diterbitkan dalam jurnal Green Chemistry.

"Mikroba lain yang dicoba sebelumnya mungkin dapat mencerna beberapa jenis aromatik yang ditemukan di lignin," kata Miguel Perez, penulis utama penelitian ini. “Ketika kami bertemu mikroba ini, itu sudah bagus untuk menurunkan berbagai senyawa. Itu membuat mikroba ini sangat menjanjikan. ”

Sebagai Novosphingobium aromaticivorans mencerna lignin, ia menghasilkan asam pyrone-4,6-dicarboxylic, juga dikenal sebagai PDC. Para peneliti menemukan bahwa dengan menghilangkan tiga gen dari mikroba, mereka dapat mempercepat proses PDC.

Bioengineer sudah menggunakan PDC di Jepang sebagai pengganti plastik, tetapi proses ekstraksi yang sulit membuat lignin tidak digunakan dalam skala luas. Sekarang, para peneliti mengatakan bahwa mikroba dapat membuat produksi PDC di tingkat industri menjadi kemungkinan nyata. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: