Bersepeda VS Gym, Mana yang Efektif Turunkan Berat Badan?

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
06 Nov 2017   16:00

Komentar
Bersepeda VS Gym, Mana yang Efektif Turunkan Berat Badan?

Bersepeda (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu caranya adalah menjaga berat badan.  Agar berat badan seimbang, kita harus piawai mengatur pola makan yang sehat, juga harus rajin berolahraga. Namun olahraga apa yang cepat menurunkan berat badan?

Sebenarnya banyak pilihan, mulai dari nge-gym atau olahraga lain seperti bersepeda. Namun untuk bisa nge-gym harus menyediakan waktu untuk khusus untuk latihan. Nah bagi mereka yang tidak punya waktu, salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan bersepeda ke tempat kerja.

Dilansir boldsky.com, sebuah studi baru mengungkapkan, mengendarai sepeda ke tempat kerja mungkin sama efektifnya denga berolahraga di gym lima hari dalam seminggu.

"Ini adalah kabar baik bagi orang-orang gemuk yang tidak memiliki waktu atau keinginan untuk berolahraga di pusat kebugaran, karena mereka harus menjemput anak-anak dan memasak makan malam setelah bekerja," kata Bente Stallknecht, Profesor di Universitas Kopenhagen di Denmark

"Hasil kami menunjukkan, sangat mungkin menggabungkan olahraga bersepeda ke tempat kerja dengan latihan fisik yang efektif," kata Stallknecht.

Untuk penelitian ini ia melibatkan 130 orang dengan berat badan berlebih. Mereka yang diminta berpartisipasi dalam penelitian ini syaratnya mereka tidak terlalu aktif berolahraga. Parameter yang dipakai dalam penelitian ini adalah persentase lemak tubuh, penyerapan oksigen maksimum dan tingkat aktivitas fisik.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok satu satu harus mengendarai sepeda pulang pergi ke tempat kerja. Dua kelompok lainnya harus melakukan latihan fisik lima kali seminggu, satu dengan intensitas tinggi, yang lainnya dengan intensitas sedang. Kelompok terakhir berfungsi sebagai kelompok kontrol.

Mereka yang bersepeda dan aktif secara fisik mampu membakar kalori dalam jumlah yang sama dalam seminggu dengan mereka yang di gym. Setelah enam bulan semua kelompok massa lemaknya berkurang, kecuali kelompok kontrol.

 "Semua bentuk latihan fisik lebih baik daripada kelompok kontrol, tapi latihan intensitas tinggi secara statistik lebih baik daripada latihan intensitas sedang," kata Jonas Salling Quist, Asisten Riset di Universitas Kopenhagen.

 "Dan mengendarai sepeda ke tempat kerja pulang pergi, sama efektifnya dengan berolahraga saat waktu senggangmu," kata Quist. Penelitian baru-baru ini diterbitkan dalam International Journal of Obesity.

Selain itu dengan bersepeda, kita akan memperoleh 3 manfaat lain, yakni mengontrol tekanan darah, mengontrol diabetes dan membantu mencegah penyakit jantung. [KW]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: