Hasil Budidaya Hidroponik Dapat Diberi Label Organik, Kata Ahli

TrubusLife
Trubus Life
05 Nov 2017   21:00 WIB

Komentar
Hasil Budidaya Hidroponik Dapat Diberi Label Organik, Kata Ahli

Hasil budidaya hidroponik dapat disebut organik. (Foto: Pixabay/ naidokdin)

Trubus.id -- Organik artinya tidak menggunakan komponen pestisida selama masa budidaya. Menurut Departemen Pertanian di Amerika Serikat (USDA), hasil budidaya hidroponik kini juga dapat disebut sebagai produk organik.

Abby Youngblood selaku direktur eksekutif Koalisi Organik Nasional menyatakan, “Pintu air untuk hidroponik bertentangan dengan prinsip dasar organik, yang benar-benar tentang kesehatan dan regenerasi tanah.”

Tapi Jessie Gunn yang merupakan perwakilan perusahaan Wholesum Harvest dan menanam sayuran di rumah kaca berpendapat lain soal hidroponik, “Kita bisa menumbuhkan tomat organik secara hidroponik dengan 11 sampai 18 liter air setiap produksi setengah kilogram. Beda dengan budidaya di lahan terbuka yang bisa menghabiskan air 98 sampai 140 liter air untuk menghasilkan produksi setengah kilogram.”

Lebih lanjut juga Jessie memaparkan, apa sih sebenarnya esensi dari sebuah label organik? Tentunya semua ahli yang berbeda punya prioritas berlainan untuk menentukan apakah sebuah produk itu organik atau bukan.

Produk dengan label organik tentu punya manfaat lingkungan yang akan jadi bisnis besar sepanjang perjalanan. Banyak yang dipertaruhkan di berbagai sisi, bahkan muncul pula perdebatan tentang hal ini. 

Satu petani organik Dave Chapman menyatakan pada Washington Post, “Pertanyaannya adalah, apakah kita meninggalkan Program Organik Nasional dan menemukan cara baru untuk mengidentifikasi diri sebagai organik? Ini yang saya kurang pahami.”

Dewan Standar Organik Nasional (NOSB) telah membantu USDA untuk mendikte dan mempertimbangkan apakah sebuah produk layak disebut organik atau tidak. Kali ini larangan menggunakan metode hidroponik dalam pertanian organik terhapuskan. Sehingga hasil budidaya hidroponik layak menggunakan label organik.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: