Ini Dia Rahasia yang Membuat Pohon Tomat Memiliki Buah Besar dan Berair

TrubusLife
Syahroni
25 Mar 2020   20:00 WIB

Komentar
Ini Dia Rahasia yang Membuat Pohon Tomat Memiliki Buah Besar dan Berair

Keragaman berat buah tomat sebagian disebabkan oleh mutasi pada gen Pengatur Ukuran Sel yang muncul selama domestikasi. (Alexis Ramos and Esther van der Knaap, University of Georgia Athens GA 30602)

Trubus.id -- Petani dapat menanam tomat yang besar dan berair berkat mutasi pada gen Pengatur Ukuran Sel yang terjadi selama proses domestikasi tomat. Esther van der Knaap dari University of Georgia, Athens dan rekannya menggambarkan varian gen ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akses terbuka PLOS Genetics beberapa waktu lalu.

Ketika manusia pertama kali mulai menanam tomat liar di daerah pegunungan Andes di Ekuador dan Peru Utara, mereka terus memilih tanaman yang menghasilkan buah yang lebih besar. Sekarang, ribuan tahun kemudian, tomat di pasaran bisa memiliki berat 1.000 kali lebih besar dari buah leluhur mereka. 

Dalam studi saat ini, para peneliti menyelidiki sebuah gen yang mereka sebut Sel Ukuran Regulator, atau CSR, yang meningkatkan berat buah dengan meningkatkan ukuran sel individu di pericarp, yang merupakan bagian berdaging dari tomat. Dibandingkan dengan tomat liar, varietas domestik membawa mutasi pada gen CSR yang memperpendek protein yang dihasilkan dalam sel tomat, dan bahwa pemotongan kemungkinan mempengaruhi perannya dalam mengatur diferensiasi dan pematangan sel dalam buah dan jaringan pembuluh darah. Variasi berasal dari tomat ceri tetapi sekarang muncul di semua varietas tomat besar yang dibudidayakan.

Studi baru memperluas penelitian sebelumnya yang telah mengidentifikasi lokasi CSR di bagian bawah kromosom 11 sebagai hanya penyumbang genetik kecil untuk berat tomat. Sekarang dengan kloning gen, temuan bahwa sebagian besar tomat yang dibudidayakan membawa versi singkat dari gen CSR menunjukkan bahwa manusia memilih variasi genetik ini secara luas dan sangat penting untuk domestikasi penuh tomat dari leluhur tomat ceri.

"CSR diperlukan untuk menciptakan tomat besar yang diperlukan untuk industri. Ini karena tomat besar secara kritis meningkatkan margin keuntungan bagi petani. Pengetahuan gen sekarang akan membuka jalan penelitian tentang bagaimana ukuran buah dapat ditingkatkan lebih lanjut tanpa berdampak negatif pada kualitas penting lainnya seperti ketahanan terhadap penyakit dan rasa," kata Dr. van der Knaap. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah COVID-19 Lebih Parah pada Pasien Pria?

Health & Beauty   02 April 2020 - 13:01 WIB
Bagikan: