Untuk Selamatkan Kuda Laut Ini, Ilmuwan Bangun Hotel Bawah Laut Bintang 5

TrubusLife
Syahroni
24 Mar 2020   18:00 WIB

Komentar
Untuk Selamatkan Kuda Laut Ini, Ilmuwan Bangun Hotel Bawah Laut Bintang 5

Kuda laut putih bersembunyi di habitat terumbu karang kembang kolnya yang alami. (Doc/ Dr David Harasti)

Trubus.id -- Kuda laut Australia yang terancam punah tumbuh subur di habitat baru yang bertindak seperti hotel bawah laut. Spesies internasional juga dapat diselamatkan dengan uji coba "hotel kuda laut" di Eropa, Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

Berpetualang di bawah lautan dan Anda akan melihat sekawanan ikan dan spesies mirip alien lainnya yang mungkin membuat Anda takjub. Tetapi satu spesies khususnya adalah teka-teki di dunia laut: kuda laut pemalu dan sukar ditangkap. Sekitar 50 spesies kuda laut ditemukan di seluruh dunia, dan perairan Australia adalah rumah bagi setidaknya 17 di antaranya.

Namun, kuda laut dianggap terancam di seluruh dunia, sebagian besar karena panen berlebihan untuk obat-obatan tradisional Tiongkok, penangkapan yang tidak disengaja dalam jaring pukat ikan, dan hilangnya habitat alami seperti lamun dan hutan bakau.

Untuk membantu populasi kuda laut bangkit kembali sementara habitat alami mereka pulih, sekelompok ilmuan menciptakan habitat buatan baru, yang disebut "hotel kuda laut." Penelitian mereka baru-baru ini menunjukkan bagaimana hotel-hotel ini memberi kuda laut White Australia (Hippocampus whitei) yang terancam punah - juga dikenal sebagai kuda laut Sydney - tempat yang aman untuk berkumpul.

Spesies di bawah ancaman

Hippocampus, seluruh genus (kategori) untuk spesies ini, tercantum pada Lampiran II Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES) Fauna dan Flora Liar. Ini berarti negara-negara yang telah menandatangani konvensi harus memastikan panen kuda laut - seperti obat-obatan tradisional - dilakukan dengan cara yang berkelanjutan. Sayangnya, daftar CITES belum cukup, dan beberapa spesies kuda laut masih mengalami penurunan populasi.

Empat belas spesies kuda laut secara resmi terdaftar sebagai terancam punah atau rentan, dan spesies ini dianggap berisiko punah di alam liar. Kuda laut putih ada di antara mereka. Ini adalah salah satu dari dua spesies kuda laut yang terdaftar sebagai terancam punah secara global.

Kuda laut Australia pertama di bawah ancaman

Pertama kali ditemukan di Sydney Harbour, kuda laut putih adalah satwa asli pantai timur Australia dan telah terlihat dari Hervey Bay di Queensland hingga pantai selatan New South Wales.

Panjangnya mencapai 16 sentimeter dan ditemukan di teluk dan muara air dangkal, di mana ia hidup di antara habitat alami spons, karang lunak, dan lamun. Ahli biologi kelautan juga telah menunjukkan spesies "jatuh cinta" hanya sekali —pasangan jantan dan betina kawin seumur hidup.

Tetapi selama dekade terakhir, populasi kuda laut putih menurun hingga 97% di beberapa lokasi di Port Stephens. Sekarang dianggap "hampir punah" di bawah NSW Fisheries Management Act.

Penyebab utama adalah hilangnya habitat alami di wilayah mereka di Australia bagian timur. Faktanya, di dalam Port Stephens, lebih dari 90% habitat karang lunak dan spons menurun selama 10 tahun di lokasi-lokasi di mana kuda laut dulunya berlimpah.

Habitat-habitat ini dihancurkan melalui pemasangan tambatan kapal, jangkar perahu, dan genangan habitat oleh pasir yang bergerak ke muara Port Stephens.

Jauh dari rumah

Ilmuan kemudian merancang hotel kuda laut untuk membantu membalikkan penurunan populasi kuda laut putih. Dan mereka menamakannya demikian karena mereka menganggap tempat itu sebagai tempat tinggal sementara sementara habitat alami mereka pulih.

Gagasan ini lahir setelah ilmuan dari Sidney University melihat jebakan nelayan yang dibuang atau hilang yang, ketika ditemukan kembali, telah menjadi sangat tertutup dalam pertumbuhan laut seperti bunga karang dan karang.

Perangkap yang hilang ini dari waktu ke waktu menjadi magnet bagi pertumbuhan laut yang secara alami mulai terjadi dalam beberapa hari. Ketika pertumbuhan meningkat seiring waktu, ikan dan invertebrata akan pindah ke rumah buatan baru ini. Beberapa kuda laut bahkan terlihat hidup di atasnya.

Mereka kemudian membangun berdasarkan penelitian sebelumnya, yang juga menunjukkan kuda laut putih akan menggunakan habitat buatan jika tersedia, seperti menggunakan jaring renang pelindung yang ditemukan di sekitar Sydney.

Setelah pertama kali menggelar 18 hotel, mereka mendapati hanya butuh waktu dua bulan bagi kuda laut untuk mulai menggunakannya. Seiring waktu, jumlah kuda laut menggunakan hotel secara bertahap meningkat: Mereka mencatat setidaknya 64 individu yang berbeda selama 12 bulan berikutnya pada 2018.

Kuda laut berpegangan pada hotel dengan menekuk ekor panjang mereka di sekitar bingkai, ganggang dan spons, yang menahan mereka di tempat dan menghentikan mereka dari tersapu oleh gelombang dan arus. Dengan menandai setiap kuda laut dengan tag neon kecil yang dimasukkan tepat di bawah kulit (disebut elastomer), memberikan masing-masing ID unik, ilmuan dapat melacak setiap kuda laut.

Bayi kuda laut

Para ilmuan menemukan beberapa kuda laut memelihara keterikatan yang kuat dengan hotel-hotel — mereka terlihat secara teratur pada survei bulanan. Satu kuda laut bahkan terlihat menggunakan hotel-hotel di 12 survei yang berbeda.

Terlebih lagi, hotel kuda laut membantu kuda laut putih berkembang biak. Para ilmuan melihat ini ketika musim kawin dimulai pada bulan Oktober, menemukan bahwa 13 jantan yang tinggal di hotel telah hamil. Ini memberi harapan untuk ukuran populasi lokal meningkat.

Yang menarik, studi hotel kuda laut kami juga memiliki minat internasional, dengan lebih banyak hotel yang diuji coba di tempat-tempat seperti Gibraltar, Yunani, Amerika Serikat, Filipina, dan Indonesia.

Meskipun ilmuan harus melakukan apa yang dapat dilakukan untuk membantu melestarikan habitat alami kuda laut, setidaknya meraka tahu bahwa dapat menggunakan hotel kuda laut untuk memulihkan populasi yang sulit ditangkap ini. Keberhasilan mereka dalam menarik kuda laut dan membantu mereka berkumpul untuk kawin tampaknya mengikuti konsep sederhana: "Jika Anda membangunnya, mereka akan datang!" [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: