Tahu dan Protein Nabati yang Kaya Isoflavon Jauhkan Kamu dari Risiko Penyakit Jantung

TrubusLife
Syahroni
23 Mar 2020   23:00 WIB

Komentar
Tahu dan Protein Nabati yang Kaya Isoflavon Jauhkan Kamu dari Risiko Penyakit Jantung

Makan tahu dan makanan yang mengandung jumlah isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, terutama untuk wanita yang lebih muda dan wanita pascamenopause. (Istimewa)

Trubus.id -- Makan tahu dan makanan yang mengandung jumlah isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, terutama untuk wanita yang lebih muda dan wanita pascamenopause yang tidak menggunakan hormon, menurut penelitian observasional yang diterbitkan hari ini di Circulation, jurnal utama dari American Heart Association.

Para peneliti di Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital menganalisis data dari lebih dari 200.000 orang yang berpartisipasi dalam tiga studi kesehatan dan nutrisi prospektif; semua peserta bebas dari kanker dan penyakit jantung ketika studi dimulai. Setelah menghilangkan sejumlah faktor lain yang diketahui meningkatkan risiko jantung, para peneliti menemukan:

  • Mengkonsumsi tahu, yang isoflavonnya tinggi, lebih dari sekali seminggu dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 18% lebih rendah, dibandingkan dengan risiko 12% lebih rendah bagi mereka yang makan tahu kurang dari sekali sebulan; dan
  • Hubungan yang menguntungkan dengan makan tahu secara teratur ditemukan terutama pada wanita muda sebelum menopause atau wanita postmenopause yang tidak mengonsumsi hormon.

"Terlepas dari temuan ini, saya tidak berpikir tahu dengan cara apa pun adalah peluru ajaib," kata penulis studi utama Qi Sun, M.D., Sc.D., seorang peneliti di T.H. Harvard. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston. "Kualitas makanan secara keseluruhan masih penting untuk dipertimbangkan, dan tahu bisa menjadi komponen yang sangat sehat."

Sun mencatat bahwa populasi yang secara tradisional mengonsumsi makanan kaya isoflavon termasuk tahu, seperti di China dan Jepang, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan populasi yang mengikuti diet yang sebagian besar kaya daging dan sayur-sayuran. Namun, potensi manfaat tahu dan isoflavon yang terkait dengan penyakit jantung perlu penelitian lebih lanjut.

Tahu, yang merupakan dadih kedelai, dan kedelai utuh seperti edamame adalah sumber kaya isoflavon. Kacang buncis, kacang fava, pistachio, kacang dan buah-buahan dan kacang-kacangan lainnya juga tinggi isoflavon. Susu kedelai, di sisi lain, cenderung sangat diproses dan sering dimaniskan dengan gula, Sun mencatat. Studi ini tidak menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi susu kedelai dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

"Percobaan manusia lainnya dan penelitian pada hewan terhadap isoflavon, tahu dan penanda risiko kardiovaskular juga menunjukkan efek positif, sehingga orang dengan risiko tinggi terkena penyakit jantung harus mengevaluasi diet mereka," katanya. "Jika makanan mereka dikemas dengan makanan tidak sehat, seperti daging merah, minuman manis dan karbohidrat olahan, mereka harus beralih ke alternatif yang lebih sehat. Tahu dan makanan nabati yang kaya isoflavon lainnya merupakan sumber protein yang sangat baik dan alternatif untuk protein hewani."

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis data kesehatan lebih dari 74.000 wanita dari Nurses 'Health Study (NHS) dari 1984 hingga 2012; sekitar 94.000 wanita dalam studi NHSII antara 1991 dan 2013; dan lebih dari 42.000 pria yang berpartisipasi dalam Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan dari tahun 1986 hingga 2012. Semua peserta bebas dari penyakit kardiovaskular dan kanker pada awal setiap studi. Data diet diperbarui menggunakan survei pasien, yang dilakukan setiap dua hingga empat tahun. Data penyakit jantung dikumpulkan dari catatan medis dan dokumen lain, sedangkan kematian akibat penyakit jantung diidentifikasi dari sertifikat kematian.

Sebanyak 8.359 kasus penyakit jantung diidentifikasi selama 4.826.122 orang-tahun masa tindak lanjut, yang merupakan jumlah total tahun yang peserta studi bebas dari penyakit jantung dan membantu mengukur seberapa cepat itu terjadi dalam suatu populasi.

Sun menekankan bahwa penelitian ini harus ditafsirkan dengan hati-hati karena pengamatan mereka menemukan hubungan tetapi tidak membuktikan hubungan sebab akibat. Banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan penyakit jantung, termasuk latihan fisik, riwayat keluarga dan kebiasaan gaya hidup seseorang. "Misalnya, wanita yang lebih muda yang lebih aktif secara fisik dan berolahraga lebih cenderung mengikuti diet nabati yang lebih sehat, yang mungkin mencakup lebih banyak makanan kaya isoflavon seperti tahu. Meskipun kami telah mengendalikan faktor-faktor ini, kehati-hatian dianjurkan ketika menafsirkan hasil ini , "kata Sun.

Pada tahun 2000, Administrasi Makanan dan Obat AS menyetujui klaim kesehatan bahwa edibles kedelai melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. Namun, sejak saat itu, uji klinis dan studi epidemiologis tidak meyakinkan, dan badan tersebut sedang mempertimbangkan kembali keputusannya yang sudah berumur dua puluh tahun. Rekomendasi Diet dan Gaya Hidup American Heart Association 2006 dan penasehat sains 2006 tentang protein kedelai, isoflavon, dan kesehatan jantung

menemukan bukti minimal bahwa isoflavon membawa manfaat kardiovaskular dan perlindungan apa pun yang diberikan oleh asupan kedelai yang lebih tinggi kemungkinan karena tingginya kadar lemak tak jenuh ganda, serat, vitamin dan mineral, dan kadar lemak jenuh yang lebih rendah. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah COVID-19 Lebih Parah pada Pasien Pria?

Health & Beauty   02 April 2020 - 13:01 WIB
Bagikan: