Dampak Lockdown Italia Membuat Ikan Kecil dan Lumba-Lumba Bermunculan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
21 Mar 2020   23:00 WIB

Komentar
Dampak Lockdown Italia Membuat Ikan Kecil dan Lumba-Lumba Bermunculan

Setelah lebih dari satu minggu tidak ada aktivitas gondola di jalur air Venesia, dilaporkan bahwa banyak hewan air yang terlihat. Tidak adanya gondola yang melintas di jalur air Venesia ternyata membuat air di jalur ini menjadi cukup jernih. (istimewa)

Trubus.id -- Italia terkenal dengan beberapa kekhasannya, seperti pizza, menara miring Pisa, hingga Colloseum. Namun selain terkenal dengan beberapa hal tadi, Italia juga terkenal dengan perahu gondolanya.

Gondola adalah perahu dayung yang menjadi saran transportasi utama sekaligus objek wisata di Venesia, Italia. Gondola merupakan alat transportasi publik yang sangat penting di Venesia sejak beradab-abad lalu hingga saat ini.

Baca Lainnya : Venesia Dihantam Gelombang Pasang Tertinggi Selama 50 Tahun Terakhir

Karena merebaknya virus corona dengan luas di Italia dan karena kebijakan lockdown, saat ini layanan gondola harus dihentikan. Kebijakan untuk melakukan lockdown atau karantina yang mencakup seluruh negara ini diberlakukan mulai tanggal 9 Maret 2020 lalu.

Akibatnya, jalanan kosong dan jalur air juga sepi karena tidak ada gondola yang beroperasi, baik sebagai alat transpotrasi maupun sebagai objek wisata. Tidak beroperasinya layanan gondola ini membuat jalur air menjadi tenang dan bersih..

Bagi seluruh warga Italia, kebijakan lockdown dan wabah virus corona yang menyebar tentu merupakan hal buruk. Namun kebijakan ini justru menguntungkan bagi para hewan air yang ada di sekitar Venesia..

Setelah lebih dari satu minggu tidak ada aktivitas gondola di jalur air Venesia, dilaporkan bahwa banyak hewan air yang terlihat. Tidak adanya gondola yang melintas di jalur air Venesia ternyata membuat air di jalur ini menjadi cukup jernih.

 Ikan kecil terlihat di air kanal yang jernih di Venesia (foto: twitter)

Akibatnya, air menjadi cukup jelas untuk bisa melihat kehidupan di dalam air. Ada berbagai ikan kecil yang dilaporkan terlihat lagi di kanal Venesia. Sebelumnya, ikan-ikan kecil ini tidak pernah terlihat karena padatnya aktivitas atau lalu lintas gondola di Venesia.

Selain ikan kecil, bahkan seorang pengguna Twitter juga melaporkan kalau ada lumba-lumba yang terlihat di sekitar kanal. Luma-lumba ini berenang di sepanjang dermaga di Cagliari, yaitu salah satu pelabuhan terbesar di Laut Mediterania dan ibu kota pulau Sardinia, Italia.

Baca Lainnya : Benarkah Mitos Hiu Takut pada Lumba-Lumba dan Tidak Pernah Berenang Bersama?

Lumba-lumba belum pernah ditemukan berenang sangat dekan dengan pantai kota pelabuhan. Sebabnya karena biasanya pelabuhan ini ramai dan penuh dengan kapal barang serta feri. Jernihnya air di sekitar Venesia dan Italia ini disebabkan karena lalu lintas kapal yang semakin sedikit membuat sedimen tidak bergerak ke atas permukaan air.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: