Proyek Pembangunan Jalan Amazon Hasilkan Deforestasi Seluas 2,4 Juta Hektar

TrubusLife
Syahroni
18 Mar 2020   23:00 WIB

Komentar
Proyek Pembangunan Jalan Amazon Hasilkan Deforestasi Seluas 2,4 Juta Hektar

Hutan Hujan Amazon, (CDC/ Public Domain)

Trubus.id -- Sebuah tim peneliti dari Amerika Serikat, Bolivia, Brazil, Swedia, Peru dan Columbia telah menemukan bahwa sebagian besar proyek jalan yang saat ini direncanakan dibangun di hutan hujan Amazon belum dinilai untuk dampak lingkungan atau ekonomi. Dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam Jurnal Prosiding National Academy of Sciences, kelompok ini menggambarkan penilaian mereka sendiri tentang dampak dari 75 proyek pembangunan jalan yang direncanakan dan apa yang mereka temukan.

Terlepas dari peran penting yang dimainkan hutan hujan Amazon dalam menyimpan karbon, pemerintah di daerah tersebut terus menyetujui proyek pembangunan jalan, seringkali tanpa pernah menilai dampak ekologis dari proyek-proyek tersebut atau apakah mereka akan layak secara ekonomi. Dalam upaya baru ini, para peneliti menganalisis 75 proyek pembangunan jalan yang dijadwalkan untuk lima tahun ke depan.

Para peneliti mulai dengan mencatat bahwa pembangunan jalan, yang bersama-sama akan menambah hingga 12.000 kilometer jalan, akan menelan biaya sekitar $ 27 miliar. Jalan-jalan akan dibangun di Kolumbia, Peru, Ekuador, Bolivia, dan Brasil. Mereka juga mencatat bahwa alasan untuk membangun jalan adalah untuk mempromosikan pertanian dan peternakan. Untuk menilai dampak proyek, tim memilih untuk membatasi studi mereka hingga 20 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa membangun jalan akan menghasilkan deforestasi sekitar 2,4 juta hektar hutan hujan. Tujuh belas persen dari proyek tersebut melanggar peraturan lingkungan atau hak Masyarakat Adat. Mereka juga menemukan bahwa uang yang dihabiskan untuk membangun banyak jalan tidak akan menghasilkan keuntungan ekonomi — sebaliknya, hampir setengah dari mereka akan mengalami kerugian. Mereka mendapati bahwa membatalkan yang diproyeksikan mengalami kerugian akan mencegah kerugian hingga $ 7,6 miliar dan pengurangan kehilangan hutan hujan sekitar 1,1 juta hektar.

Para peneliti juga membuat peringkat jalan berdasarkan tingkat dampak lingkungan (dan sosial) dan menemukan bahwa jika perencana jalan menyetujui mereka yang memiliki dampak paling sedikit dan memotong yang lain, mereka akan melihat keuntungan bersih sebesar $ 4 miliar sambil memotong jumlah hilangnya hutan hujan menjadi 10% dari proyeksi asli. Mereka menyimpulkan bahwa penilaian yang tepat terhadap proyek pembangunan jalan di Amazon dapat mengurangi jumlah penebangan hutan dan biaya yang terlibat. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: