Apa yang Terjadi Jika Kita Membekukan Telur?

TrubusLife
Thomas Aquinus
15 Mar 2020   20:00 WIB

Komentar
Apa yang Terjadi Jika Kita Membekukan Telur?

Memecahkan telur. (Thrifty Fun)

Trubus.id -- Telur merupakan sumber kaya protein yang murah namun berkualitas tinggi. Telur yang sederhana memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Baik putih dan kuning telur kaya akan nutrisi penting, termasuk protein, vitamin dan mineral. Kuning telur mengandung kolesterol, vitamin yang larut dalam lemak, dan asam lemak. Telur juga merupakan salah satu bahan penting dan serbaguna untuk memasak.

Apakah mereka dimasak untuk sarapan atau diaduk menjadi adonan kue, telur dianggap sebagai bahan pokok di banyak rumah tangga. Seringkali kita membekukan sisa makanan atau bahan mentah di lemari es untuk mengawetkannya dan menggunakannya nanti. Sementara telur bisa baik selama 3-5 minggu di lemari es, apakah kamu pernah bertanya-tanya apakah mereka juga bisa beku? Jika kamu memiliki banyak telur dan tidak dapat segera menggunakannya, kamu dapat memecahkannya dan membekukannya. Begini caranya. 

Baca Lainnya : Diet Telur untuk Menurunkan Berat Badan

Telur mana yang aman untuk dibekukan?

Kamu dapat membekukan telur, tetapi hanya beberapa jenis telur yang dapat dibekukan. Ingatlah bahwa kamu tidak boleh membekukan telur mentah di kulitnya. Saat membekukan telur di kulitnya, cairan itu mengembang dan itu bisa menyebabkan kulitnya pecah. Hal ini dapat menyebabkan isi telur menjadi rusak atau berisiko terkontaminasi bakteri. Membekukan telur mentah dan dikupas dapat memengaruhi tekstur secara negatif karena kuning telur menjadi tebal dan seperti gel. Juga, jangan membekukan telur rebus atau lunak karena putih telur bisa menjadi kenyal ketika dicairkan. Berikut adalah jenis-jenis telur yang aman untuk dibekukan:

1. Putih telur mentah

2. Kuning telur mentah

3. Telur kocokan

4. Hidangan telur yang dimasak seperti casserole sarapan atau quiches

Bagaimana pembekuan memengaruhi telur mentah?

Baik putih telur dan kuning telur bereaksi berbeda terhadap pembekuan.

Putih telur mentah beku dan dicairkan yang sebagian besar terdiri dari air dan protein tidak menunjukkan perubahan tekstur yang nyata setelah dimasak. Membekukan putih telur mentah dapat meningkatkan kemampuan berbusa yang digunakan untuk membuat makanan panggang. Sementara itu, kuning telur mentah, ketika dibekukan, menghasilkan konsistensi yang kental seperti gel. Kuning telur dapat dibekukan dengan menambahkan gula atau garam sebelum dibekukan; itu meningkatkan tekstur kuning cair menjadi mencegah pembentukan seperti gel yang dikenal sebagai gelatin. Juga, kuning telur dan putih telur yang dibekukan tidak memengaruhi rasanya.

Baca Lainnya : Bisakah Kita Terkena Flu Burung dari Memakan Telur?

Bagaimana cara membekukan telur?

Telur mentah dapat dibekukan hingga satu tahun sementara hidangan telur yang dimasak dapat dicairkan dan digunakan dalam 2-3 bulan. Untuk membekukan seluruh telur, kamu harus memecahkan telur ke dalam mangkuk dan mengocoknya sampai benar-benar tercampur. Tuang campuran ke dalam wadah yang aman untuk freezer dan bekukan untuk digunakan lebih lanjut. 

Untuk mencairkan dan memasak, kamu dapat membekukan setiap telur secara terpisah. Untuk membekukan putih telur dan kuning telur secara terpisah, memecahkannya dan meletakkan kuning telur dan putih telur dalam mangkuk terpisah. Tuang setiap putih telur ke dalam baki es batu. Demikian pula, untuk setiap 4 kuning telur, tambahkan 1/4 sendok teh garam atau 1/2 sendok teh gula dan aduk. Tuang adonan ke dalam wadah yang aman untuk freezer. Ingatlah untuk mencatat jumlah kuning telur dan jika kamu menambahkan garam atau gula di dalamnya.

Baca Lainnya : Berapa Banyak Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari?

Bagaimana cara mencairkan telur beku?

Ketika menggunakan telur beku, kamu harus ingat bahwa telur mentah dan matang perlu dicairkan dan kemudian dimasak sepenuhnya sebelum mengonsumsinya untuk mengurangi risiko penyakit bawaan makanan. Untuk mencairkan telur beku atau matang, pertama-tama, masukkan wadah ke dalam kulkas (pendingin) semalaman. Jika kamu telah menggunakan wadah tertutup untuk membekukan telur, mereka dapat dicairkan di bawah air mengalir. Telur mentah, kuning telur, dan putih telur harus dimasak pada hari kamu mencairkannya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: