5 Tren Kesehatan yang Ternyata Buruk Bagi Lingkungan

TrubusLife
Thomas Aquinus
15 Mar 2020   08:00 WIB

Komentar
5 Tren Kesehatan yang Ternyata Buruk Bagi Lingkungan

Essential oil. (Elite Daily)

Trubus.id -- Kesehatan adalah pencapaian berkelanjutan yang melibatkan diet, olahraga, kesehatan mental, dan banyak faktor lainnya. Tetapi aktivitas yang membuat kita merasa baik bisa jadi justru menyebabkan kerusakan pada planet ini tanpa kita sadari. Berikut beberapa di antaranya.

Minyak esensial

Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan minyak nabati untuk mengobati penyakit, kegelisahan, sakit kepala, dan banyak lagi. Ketika industri menikmati kebangkitan, ternyata yang ditemukan bukanlah berita baik bagi lingkungan, terutama jika mengintip ke dalam komponen produksi dan limbah minyak atsiri. Minyak atsiri tersedia secara alami dari tanaman, beberapa memproduksi minyak di luar dan yang lain menyimpannya di kantong di dalam tanaman. Terlepas dari jenis minyaknya, dibutuhkan banyak tanaman untuk mendapatkan satu pon minyak. Banyak dari tanaman ini ditanam di pertanian komersial dengan pestisida dan konsumsi air yang sama dengan tanaman lainnya. Plus, jika mereka bukan asli daerah tersebut, dapat dibutuhkan lebih banyak sumber daya untuk membuatnya tetap produktif. Sebagai contoh, dibutuhkan 10.000 pon kelopak mawar untuk mengumpulkan satu pon minyak esensial mawar.

Masalah yang lebih besar adalah limbah pasca konsumen dari minyak atsiri. Jika dibuang ke tempat sampah, itu berkontribusi pada penimbunan sampah yang berlebihan, dan di saluran pembuangan, itu dapat menciptakan air beracun bagi ikan dan satwa liar lainnya. Selain itu, banyak kota tidak mengizinkan daur ulang botol kaca karena minyak esensial diklasifikasikan sebagai zat yang mudah terbakar. Singkatnya, itu berarti tidak ada solusi limbah yang hebat untuk jutaan botol minyak atsiri yang harus secara bertanggung jawab didaur ulang melalui acara pengumpulan limbah beracun. Untuk mencoba membersihkan tindakan kita selama in, carilah tanaman asli daripada yang dipaksa tumbuh di area di luar habitat normal mereka. Juga, cari perusahaan yang menawarkan program pengembalian untuk mendaur ulang botol. 

Masker lembar

Sheet mask (foto: Naturligt Snygg)

Masker wajah alias sheet mask yang populer mungkin mampu melembabkan dan mengeksfoliasi, membuat kulit tampak cerah dan sehat. Namun, praktik umum menggunakan masker lembar mungkin tidak meninggalkan jejak yang sehat bagi planet. Dimulai dengan produksi jutaan masker lembaran, jejak karbon mulai terungkap. Ditambah lagi, transportasi di seluruh dunia berkontribusi lebih jauh terhadap polusi dan konsumsi sumber daya. Lalu ada limbah pasca-konsumen untuk dipertimbangkan. Sebagian besar kemasan masker lembaran mengandung kombinasi aluminium dan plastik, sehingga tidak dapat didaur ulang, sehingga berakhir di tempat sampah. Lembaran plastik tipis yang sering menyertai masker mengikuti di belakang. Dan akhirnya, masker lembar itu sendiri biasanya berakhir di tempat pembuangan sampah juga. Jujur saja, masker lembaran dipasarkan sebagai produk sekali pakai dan karenanya akan terus menghasilkan limbah. Tetapi sebelum kamu memotong perawatan masker lembar, pertimbangkan untuk membeli merek dengan kemasan yang terbuat dari bahan daur ulang, opsi pengomposan atau daur ulang, atau mengurangi limbah kemasan secara signifikan sebagai pilihan pertama. Kamu juga dapat memilih 100% masker biodegradable.

Diet keto

Tampaknya ada rencana diet untuk setiap minggu dalam setahun dan Keto telah membuat lebih dari beberapa berita utama dengan karbohidrat rendah, dan protein tinggi. Tapi semua steak dan mentega itu harus dibayar mahal untuk planet ini. Daging adalah industri yang berpolusi tinggi, mengonsumsi banyak air minum dan air untuk pangan. Plus, itu berkontribusi pada gas metana di udara. Bahkan jika ternak tidak dipelihara untuk daging, masalah yang sama terjadi pada hewan penghasil susu yang digunakan untuk krim, mentega dan lemak lainnya. Sementara banyak minyak berasal dari tanaman, peningkatan produksi ternak sama-sama berkontribusi pada emisi rumah kaca. Sederhananya, memelihara tanaman jauh lebih baik untuk planet ini daripada memelihara ternak.

Hot yoga 

Hot yoga (foto: Maxer) 

Meskipun mungkin baik untuk tubuh, konsekuensi yoga panas di planet ini kurang menarik. Kelas berlangsung di studio, dipanaskan secara berlebihan oleh gas alam, panas listrik, propana atau sumber lainnya. Ini saja berkontribusi signifikan terhadap jejak karbon studio. Selain itu, menyalakan studio, mencuci handuk, membersihkan dan mandi memakan sumber daya tambahan. Jika kamu bepergian untuk mengikuti kelas yoga atau retret, pesawat atau mobil berkontribusi terhadap polusi udara. Untuk meminimalkan dampak, cukup ikuti kelas yoga online. Sebagai pilihan lain, berinvestasi dalam program penyeimbangan karbon. Perhatikan juga kain yang kamu kenakan di gym, pilih serat organik dan opsi yang akan bertahan selama bertahun-tahun. Plus, berinvestasi dalam matras yoga berkualitas untuk penggunaan jangka panjang.

Kristal

Bagi mereka yang merasakan hubungan dengan Ibu Pertiwi, kristal dikatakan menawarkan kualitas penyembuhan, perlindungan dan kemampuan untuk menenangkan pikiran, di antara sederet manfaat lainnya. Sementara kristal adalah sumber daya alam dari Bumi, masalah muncul dari bagaimana mereka bersumber. Banyak laporan mengklaim apa pun kecuali kondisi kerja yang aman bagi mereka yang memanen permata, dengan lemahnya undang-undang perburuhan dan banyak daerah yang dilanda kemiskinan diperintah oleh kelompok militer brutal. Di banyak negara, industri ini sama sekali tidak diatur, yang berarti selain biaya manusia, planet ini membayar harganya. Tanpa pengawasan, tambang dapat menghancurkan habitat hewan dan menyebabkan polusi air yang luas. Di daerah tropis, lubang yang ditinggalkan terisi dengan air yang tergenang dan menciptakan habitat yang mengundang bagi nyamuk yang menularkan malaria yang berkontribusi pada penyebaran penyakit. Meskipun banyak pengecer melakukan yang terbaik untuk membeli dari dealer terkemuka, rantai pasokan dipertanyakan tanpa transparansi untuk benar-benar mengetahui jalur kristal yang kita pegang.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: