Nama Spesies Baru yang Ditemukan Di Palung Paling Dalam di Dunia Terinspirasi dari Plastik yang Ditemukan pada Ususnya

Hernawan Nugroho
10 Mar 2020   17:00 WIB

Eurythenes plasticus yang baru ditemukan menunjukkan kepada kita seberapa jauh jangkauan konsekuensi dari penanganan limbah plastik yang tidak memadai (Univ. Newcastle)

Trubus.id -- Ini dia Eurythenes plasticus, sebuah amphipod yang baru diidentifikasi yang ditemukan di salah satu tempat terdalam di Bumi dinamai setelah plastik yang ditemukan mencemari ususnya. Meskipun pemulung seukuran koin itu baru bagi sains dan hidup di lautan terpencil, kontaminasi plastiknya menunjukkan bahwa ia tidak dibebaskan dari dampak pencemaran manusia di planet kita.

"Menemukan spesies baru yang kami tidak tahu ada di sana sebelumnya dan menemukan plastik di dalamnya, hanya menunjukkan seberapa luasnya ini sebagai polutan," kata Johanna Weston, seorang mahasiswa PhD dan penulis pertama studi yang menggambarkannya, kata. "Kami menemukan satu mikrofiber dalam spesimen dari 6.900 meter (22.600 kaki) dan mikrofiber itu 60 persen mirip dengan PET."

Baca Lainnya : Nyata, Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Mikroplastik Merusak Ekosistem Karang

PET adalah kependekan dari polyethylene terephthalate, suatu zat yang ditemukan dalam berbagai produk yang biasa digunakan, dari botol air hingga pakaian olahraga, yang tidak secara alami terdegradasi di lingkungan. Saat itu rusak, PET menjadi lebih kecil dan lebih kecil, akhirnya terurai menjadi plastik yang muncul dalam proporsi yang semakin besar dari hewan laut di seluruh dunia. Begitu plastik mikro mencapai laut dalam, mereka menumpuk dari waktu ke waktu karena tidak ada tempat lain untuk pergi.

“Spesies Eurythenes plasticus yang baru ditemukan menunjukkan kepada kita seberapa jauh jangkauan konsekuensi dari penanganan limbah plastik yang tidak memadai. Ada spesies yang hidup di tempat terdalam, paling terpencil di Bumi yang telah menelan plastik sebelum diketahui oleh umat manusia, ”kata Heike Vesper, Direktur Program Kelautan di WWF Jerman, dalam sebuah pernyataan.

Micro"plastik" ditemukan di dalam tubuh makhluk kecil itu dan dijadikan bagian dari nama ilmiahnya (foto:Weston, Universitas Newcastle)

Eurythenes adalah sekelompok besar amphipod-pengurai besar yang ditemukan di lautan dalam di seluruh dunia. Peneliti Newcastle University menemukan E. plasticus selama penyelaman eksplorasi di Parit Marianas Samudera Pasifik antara Jepang dan Filipina menggunakan perangkap umpan pada tahun 2014. Analisis DNA lahan morfologis menunjukkan bahwa spesimen itu baru untuk ilmu pengetahuan dan dinamai karena fitur yang paling mencolok, sekarang dijelaskan dalam jurnal Zootaxa.

"Untuk memberi nama, kita biasanya akan melihat sesuatu yang cukup khas dari spesies itu karena sekali spesies itu dinamai dan sekarang disimpan di museum, sekarang menjadi bagian dari katalog spesies manusia," kata Dr Alan Jamieson . "Itu ada di sana selamanya."

Baca Lainnya : Kapal Dagang China Dituding Sebagai Pelaku Pembuangan Limbah Plastik di Samudera Atlantik

Amphipoda laut dalam adalah rakus, pemakan yang tidak pilih-pilih, sehingga mungkin mereka lebih rentan terhadap konsumsi mikroplastik. Karena kelangkaan makanan yang tersedia di laut dalam, hewan telah mengadopsi kemampuan untuk memakan apa saja yang mencapai kedalaman seperti itu. Namun, plastik belum ada cukup lama bagi hewan laut dalam untuk mengembangkan strategi deteksi atau penghindaran.

Kerugian tidak hanya berasal dari menelan sepotong plastik, tetapi juga dari bahan kimia terkait. Seperti yang dijelaskan Jamieson, ada banyak kontaminan lain di laut yang dikenal sebagai polutan organik persisten, atau POPs. Sebagian besar bersifat hidrofobik, yang berarti mereka tidak suka air dan tidak mengikat apa pun di lautan - tetapi mereka suka plastik. Plastik pelagis bertindak sebagai magnet bagi POPs, mengumpulkan kontaminan yang akhirnya tenggelam ke dasar samudera bersama dengan inangnya. Hewan laut dalam yang memakan plastik menjadi terkontaminasi oleh bahan kimia yang larut, yang diketahui menyebabkan kerusakan reproduksi.