Mengapa Harus Berbicara dengan Tanaman Kita? Simak Penjelasannya!

TrubusLife
Hernawan Nugroho
10 Mar 2020   12:00 WIB

Komentar
Mengapa Harus Berbicara dengan Tanaman Kita? Simak Penjelasannya!

Salah satu individu terkenal yang mempraktekkan hal ini adalah seorang pria dengan nama Pangeran Charles dari Inggris (nature)

Trubus.id -- Pada tahun 1848, seorang profesor Jerman bernama Gustav Fechner menerbitkan sebuah buku berjudul "Nanna (Kehidupan Jiwa Tumbuhan)," mengambil gagasan utama bahwa berbicara dengan tanaman meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan mereka.

Salah satu individu terkenal yang mempraktekkan hal ini adalah seorang pria dengan nama Pangeran Charles dari Inggris. Dalam sebuah film dokumenter BBC 2010 tentang rumahnya, Highgrove House, dia berkata, "Saya dengan senang hati berbicara dengan tanaman dan pohon, dan mendengarkan mereka. Saya pikir ini sangat penting. Semua yang saya lakukan di sini, seperti hampir dengan anak-anak Anda. Setiap pohon memiliki arti bagi saya."

Baca Lainnya : Jalan Berliku Mempersiapkan Tanaman untuk Iklim Masa Depan Kita

Pada tahun 2009, Royal Horticultural Society melakukan penelitian selama sebulan yang melibatkan 10 tukang kebun, baik pria maupun wanita. Para tukang kebun dicatat membaca karya-karya sastra dan ilmiah, yang kemudian diputar melalui satu set headphone yang terpasang pada tanaman tomat. Setelah satu bulan, semua tanaman telah tumbuh lebih tinggi dari dua tanaman kontrol, tetapi yang menerima suara wanita melakukan lebih baik dengan satu inci.

(foto: pixabay)

Rich Marini, kepala departemen hortikultura Penn State, juga tidak mengabaikan gagasan nina bobo tanaman. "Tidak ada banyak penelitian di bidang ini," katanya. "Tapi ada bukti bahwa tanaman merespons suara."

Para peneliti telah mempelajari bagaimana tanaman berkomunikasi satu sama lain untuk sementara waktu, jadi masuk akal bahwa menambahkan unsur manusia tentu tidak ada salahnya. "Angin atau getaran akan menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan tanaman," tambah Marini. "Karena suara pada dasarnya adalah getaran, tebakan saya adalah getaran yang menyebabkan respons."

Baca Lainnya : Selain Perubahan iklim, Hal-hal Berikut Ini Juga Menjadi Ancaman Bagi Tanaman

Tentu saja, semua bacaan di dunia tidak akan membantu tanaman jika kita tidak ingat untuk menyiramnya. Jika ingin menjadi "Orang Tua Tumbuhan" yang sukses, tetaplah pada dasarnya. "Hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk membantu tanaman mereka tumbuh adalah memberi mereka nutrisi ringan, air dan mineral," kata Marini.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: