Washington Mulai Larang Operasi Air Botolan yang "Merusak" Lingkungan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
01 Mar 2020   07:00 WIB

Komentar
Washington Mulai Larang Operasi Air Botolan yang "Merusak" Lingkungan

Pembatasan tidak berlaku untuk pemasok air kota atau dalam kasus keadaan darurat, kekeringan atau darurat kesehatan masyarakat (gettyimages)

Trubus.id -- Negara bagian Washington, yang terkenal akan pegunungan, gletser, dan hutan hujan, memiliki banyak air segar. Untuk melindungi sumber daya alam itu, senat negara telah meloloskan undang-undang yang akan melarang izin pembotolan air baru.

RUU SB 6278, “Suatu tindakan yang berkaitan dengan pengambilan air untuk produksi air kemasan komersial; dan amandemen RCW 90.03.290" telah disetujui oleh senat pada 17 Februari dan saat ini sedang dalam proses melalui rumah. RUU ini telah berlaku untuk semua aplikasi pada 1 Januari 2019, secara efektif melarang operasi pembotolan baru di negara bagian.

Baca Lainnya : EWG Peringatkan 'Forever Chemicals' Telah Cemari Air Minum AS Pada Level yang Buruk

Untuk definisi, air botolan secara jelas didefinisikan sebagai air yang berlabel atau dipasarkan untuk dijual sebagai air dalam semua jenis wadah. Mata air atau air yang ditingkatkan juga termasuk dalam larangan; Namun, itu tidak termasuk produk yang dibuat dari air yang tidak dipasarkan sebagai air. Negara juga memasukkan klausul yang menyatakan bahwa pembatasan tidak berlaku untuk pemasok air kota atau dalam kasus keadaan darurat, kekeringan atau darurat kesehatan masyarakat - argumen dari perwakilan industri air minum dalam kemasan.

Menurut RUU itu, "produksi komersial air minum kemasan dianggap merugikan kesejahteraan masyarakat dan kepentingan umum." Dengan kampanye air yang mempromosikan gagasan bahwa perusahaan swasta tidak boleh mengambil untung dari sumber daya publik, senat Washington akhirnya melakukan tindakan. Memanen air memungkinkan industri untuk menghabiskan sumber daya alam, memasukkannya ke dalam botol plastik dan mengirimkannya ke luar negeri, semuanya sambil mengumpulkan air tanpa hasil dan melihat keuntungan yang sangat besar.

Dengan air menjadi minuman botol No. 1 di Amerika Serikat, produksinya pasti memiliki konsekuensi pada sumbernya, dan ada beberapa contoh pencemaran air tanah serta arsen yang dialihkan ke pabrik pengolahan air tanpa pemberitahuan tentang racun tersebut.

Baca Lainnya : Raksasa Minuman AS Bangun Perangkap Sampah untuk Bersihkan Jalur Air Atlanta

Washington akan menjadi negara bagian pertama di negara tersebut yang memberlakukan larangan semacam itu, tetapi negara-negara lain memiliki undang-undang yang serupa dalam pekerjaannya, termasuk Maine dan Michigan yang memperkenalkan UU negara bagian dan baik Oregon maupun Montana baru-baru ini mengeluarkan langkah-langkah pemungutan suara.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: