Pengidap Diabetes Rentan Alami Selulitis

TrubusLife
Hernawan Nugroho
28 Feb 2020   16:00 WIB

Komentar
Pengidap Diabetes Rentan Alami Selulitis

Selulitis menjadi salah satu dampak gula darah yang tidak terkontrol dengan baik (gettyimages)

Trubus.id -- Diabetes dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Ketika kadar glukosa darah tetap tinggi dan tidak terkendali, maka kondisinya bisa mengancam jiwa. Mengelola kadar gula darah penting dilakukan untuk mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi.

Seseorang yang tidak mengelola diabetesnya dengan baik berisiko mengalami sejumlah perkembangan penyakit lainnya. Kondisi ini memicu serangkaian gejala, mulai dari perubahan suasana hati hingga kerusakan organ. Selulitis menjadi salah satu dampak gula darah yang tidak terkontrol dengan baik. Ini alasan pengidap diabetes rentan mengalami selulitis. 

Baca Lainnya : Studi Ungkap, Kurang Tidur Dapat Tingkatkan Risiko Diabetes 

Mengapa Pengidap Diabetes Rentan Alami Selulitis?

Dikutip dari ADW Diabetes, gula darah yang meningkat berisiko menyebabkan infeksi kulit. Selain itu, diabetes yang tidak diobati juga memengaruhi aliran darah, sehingga memicu masalah vaskuler. Kondisi ini juga meningkatkan risiko infeksi. Pengidap yang mengalami infeksi kulit berisiko membuka permukaan kulit (epidermis), sehingga bakteri mudah masuk.

Akibatnya, pengidap diabetes rentan mengalami selulitis. Selulitis dapat terjadi pada kaki dan menyebar dengan cepat ke kaki bagian bawah. Kondisi ini umumnya dimulai pada epidermis dan kemudian memengaruhi lapisan dermis yang lebih dalam dan jaringan subkutan.

Gejala Selulitis pada Pengidap Diabetes

Gejala selulitis dapat berupa kemerahan, garis-garis merah, pembengkakan, kehangatan, nyeri tekan, nyeri, bintik-bintik merah/ruam atau kulit berlesung di daerah tubuh tertentu. Hal ini berisi lepuh yang mengeluarkan cairan bening atau nanah. Selulitis dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja tetapi paling sering terjadi pada tungkai bawah. 

Baca Lainnya : Mitos yang Salah Tentang Aturan Makan Penyandang Diabetes

Selain gejala-gejala di atas, seseorang yang punya selulitis juga dapat mengalami demam, kedinginan, mual dan muntah, gejala seperti flu, dan mati rasa di area yang terkena. Jika kamu punya riwayat diabetes dan mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: