Ular Pelangi Yang Menakjubkan Dilihat di Hutan Florida Untuk Pertama Kali Dalam 50 Tahun

TrubusLife
Hernawan Nugroho
26 Feb 2020   23:00 WIB

Komentar
Ular Pelangi Yang Menakjubkan Dilihat di Hutan Florida Untuk Pertama Kali Dalam 50 Tahun

Ular itu sangat sulit dikenali karena memiliki gaya hidup yang sangat akuatik, menghabiskan sebagian besar waktunya tersembunyi di antara vegetasi air (nature)

Trubus.id -- Ular pelangi super manis adalah pemandangan langka di Florida. Sangat jarang, pada kenyataannya, seseorang belum terlihat di Marion County sejak 1969. Begitulah, sampai sekarang. Sebuah ular pelangi yang sulit dipahami baru-baru ini difoto di Hutan Nasional Ocala, menurut FWC Fish and Wildlife Research Institute, di mana spesies tersebut telah bersembunyi dari mata manusia selama 50 tahun.

Tracey Cauthen sedang hiking di hutan ketika dia menemukan apa yang tampak seperti pelangi merayap sepanjang 1,2 meter (4 kaki). Ular, anggota spesies Farancia erytrogramma, sangat sulit dikenali karena memiliki gaya hidup yang sangat akuatik, menghabiskan sebagian besar waktunya tersembunyi di antara vegetasi air. Diyakini bahwa ular khusus ini telah muncul dan memulai perjalanan karena Waduk Rodman terdekat baru-baru ini dikeringkan.

Baca Lainnya : Ternyata Ada Ular yang Bisa Melompat! Ular Jenis Apa , ya?

"Museum Sejarah Alam Florida mengkonfirmasi ini adalah catatan pertama spesies ini di Marion County sejak 1969!" Lembaga Penelitian Ikan dan Margasatwa menulis di Facebook. “[Mereka] jarang terlihat, bahkan oleh para ahli herpetologi, karena kebiasaan samar mereka. Bersembunyi di dekat sungai, danau, rawa-rawa, dan lumpur pasang surut, ular pelangi berspesialisasi dalam memakan belut, mendapatkan julukan 'belut moccasin'. "

Meskipun garis merah mencolok mereka mungkin tampak seperti tanda peringatan, ular ini tidak berbisa. Mereka dikenal sangat patuh, dan tidak cenderung menggigit saat ditangani. Namun, itu tidak berarti mereka bebas dari predator. Mereka diburu oleh rakun, opossum, burung pemangsa, dan ular yang lebih besar.

Ular pelangi dapat ditemukan di sepanjang Dataran Pesisir Amerika Serikat bagian selatan, dari Virginia hingga Louisiana. Panjangnya bisa mencapai lebih dari 1,5 meter (5 kaki), dan mudah dikenali dari warna khasnya. Tubuh mereka berwarna hitam kebiruan, dengan tiga garis merah yang menarik membentang di seluruh tubuh mereka. Perut mereka merah atau merah muda dengan bintik-bintik hitam dan mereka memiliki warna kuning di kepala dan sampingnya.

Baca Lainnya : Ular Python 'Sakti', Diselamatkan dari Para Peziarah di Tanzania

Meskipun penampilannya mencolok, ular pelangi itu pemalu dan tertutup, artinya kita masih belum tahu banyak tentang mereka. Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam, mereka dapat berjumlah lebih dari 10.000 orang, dan populasi mereka cenderung stabil atau menurun secara perlahan. Namun, status konservasi mereka belum diperbarui sejak 2007. Menurut FWC Fish and Wildlife Research Institute, reptil adalah Spesies Kebutuhan Konservasi Terbesar di negara ini, kemungkinan karena penurunan belut yang mereka andalkan untuk makanan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah COVID-19 Lebih Parah pada Pasien Pria?

Health & Beauty   02 April 2020 - 13:01 WIB
Bagikan: