Fakta Unik Pisang yang Belum Kamu Ketahui

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Feb 2020   07:00 WIB

Komentar
Fakta Unik Pisang yang Belum Kamu Ketahui

Pohon pisang. (The Conversation)

Trubus.id -- Pisang adalah makanan super yang nyata, penuh dengan mineral dan vitamin, dikombinasikan dengan rasanya yang lezat, yang menjelaskan mengapa mereka populer di seluruh dunia. 

Pisang mengandung segala macam hal baik - flavonoid dan polifenol yang meningkatkan kesehatan, seperti lutein, zeaxanthin, beta dan alpha karoten, bertindak sebagai antioksidan yang melahap radikal bebas. Kandungan vitamin C yang tinggi, yang paling dikenal karena sifatnya melawan infeksi.

Laman The Life Hacker mengatakan, satu pisang mengandung 467 mg potasium, yang penting untuk mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Vitamin B6 (pyridoxine) dalam pisang menyediakan sekitar 28% dari apa yang dibutuhkan setiap hari untuk membantu mencegah anemia dan penyakit arteri koroner. Serat yang berlimpah membantu menjaga sistem pencernaan tetap teratur. Magnesium membantu menguatkan tulang dan melindungi jantung. Dibutuhkan mangan untuk mengaktifkan enzim antioksidan. Satu pisang memasok tembaga dalam jumlah cukup untuk menjaga produksi sel darah merah. 

Baca Lainnya : Benarkah Makan Pisang dan Susu Bersamaan Baik untuk Kesehatan?

Karena itu, pisang menawarkan berbagai khasiat obat, dan konsumsi rutinnya mendukung kesehatan dalam berbagai cara. Berikut 10 alasan bagus untuk mulai memakan buah yang sangat menyehatkan ini setiap hari:

1. Pisang kaya akan kalium dan rendah natrium, oleh karena itu pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah kita dan mencegah komplikasi kardiovaskular.

2. Pisang memiliki kemampuan untuk mengobati kecemasan, depresi, meningkatkan kualitas tidur, karena mereka kaya akan tryptophan, yang merupakan prekursor serotonin.

3. Pisang adalah sumber serat yang kaya, oleh karena itu pisang dapat mencegah kembung dan gangguan pencernaan, menormalkan pergerakan usus kita dan meningkatkan pencernaan juga.

4. Pisang juga memiliki kemampuan mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Kamu dapat mencegah lonjakan glukosa dengan mengonsumsi pisang, karena mereka mengendalikan gula darah.

6. Pisang kaya akan vitamin B6, sehingga mereka dapat mencegah peradangan dan masalah persendian.

7. Pisang juga merupakan sumber potasium yang kaya, sehingga mereka dapat meningkatkan fungsi otak.

8. Konsumsi pisang, akan meningkatkan tingkat energi, itu akan memberi makan otot dan memasok mereka dengan jumlah vitamin dan mineral yang tepat.

9. Pisang dapat meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga memperkuat tulang.

10. Mereka juga mengandung sejumlah besar zat besi, yang berarti mereka mendukung produksi sel darah merah, dan mereka mampu mengobati anemia.

Baca Lainnya : Kulit Pisang untuk Menurunkan Berat Badan? Begini Panduannya

Selain fakta tentang manfaat sehat di atas, kami yakin Trubus Mania belum tentu tahu sederet fakta tentang pisang sebagai berikut. 

  • Pisang disebut musa sapientum secara ilmiah, yang berarti "buah orang bijak".
  • Pisang yang kita beli dari toko grosir atau pasar lokal adalah jenis pisang Cavendish.
  • Secara teknis pisang adalah jenis buah beri.
  • Pisang tidak tumbuh di pohon, sebenarnya mereka tumbuh di tanaman yang sangat besar, yang dianggap herbal, bersama dengan beberapa anggota keluarga seperti pohon palem, anggrek dan bunga lili.
  • 51% dari pisang yang dikonsumsi, dikonsumsi untuk sarapan.
  • Sama seperti semangka dan apel, pisang juga mengambang di air.
  • Di banyak negara, termasuk Jepang, serat yang terkandung dalam pisang sebenarnya digunakan untuk produksi kertas dan kain.
  • Ada beberapa varietas pisang, seperti pisang bubblegum pink dengan kulit berbulu, pisang yang memiliki rasa stroberi setelah dimasak dan pisang bergaris hijau & putih dengan ampas warna serbat jeruk. [Ayu/NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: