Deforestasi di Daerah Tropis Sebabkan Penurunan Spesies Ikan Air Tawar

25 Feb 2020   23:00 WIB

Deforestasi di Daerah Tropis Sebabkan Penurunan Spesies Ikan Air Tawar

(Kiri) Foto menunjukkan bahwa kondisi kekeringan telah mengurangi aliran air di salah satu lokasi studi aliran air tawar yang berlokasi di Sabah. (Kanan) Peneliti melakukan kerja lapangan untuk mendapatkan spesimen ikan untuk studi mereka. (Doc: University of Singapore/ Tan Heok Hui)

Trubus.id -- Ahli ekologi dari National University of Singapore (NUS) telah menemukan bahwa Nematabramis everetti, spesies ikan air tawar umum yang tahan terhadap kondisi kekeringan terkait perubahan iklim, tetap tidak dapat lepas dari dampak penggundulan hutan, dengan jumlah sungai yang berkurang secara signifikan yang mengalir melalui area yang ditebang di pulau Kalimantan.

Asia Tenggara memiliki tingkat deforestasi tertinggi karena kawasan hutan dikonversi untuk tujuan pertanian seperti produksi minyak sawit. Penghancuran hutan hujan murni tidak hanya mempengaruhi flora dan fauna terestrial, tetapi juga ikan air tawar dan organisme akuatik lainnya yang hidup di sungai dan aliran yang mengalir melalui daerah tersebut.

Efek-efek ini diperburuk pada tahun 2016 oleh pola cuaca El Nino yang parah yang membawa kekeringan ke wilayah tersebut. Perubahan penggunaan lahan dan kejadian iklim ekstrem dianggap memiliki dampak sinergis pada keanekaragaman hayati perairan setempat. Namun, ada studi terbatas tentang masalah ini di daerah tropis.

Studi penelitian oleh Prof Darren Yeo dan rekan penelitiannya, Dr. Clare Wilkinson dari Departemen Ilmu Biologi, NUS, menemukan bahwa Nematabramis everetti, spesies umum lokal dari keluarga ikan mas yang ditemukan di sungai Sabah, Malaysia, tahan terhadap kekeringan kondisi di lingkungannya. Namun, ikan tropis berwarna perak ini yang dapat tumbuh hingga sekitar 10 cm panjangnya telah mengurangi jumlah di daerah berhutan yang telah mengalami kegiatan penebangan.

Anggota tim peneliti lainnya termasuk Dr. Tan Heok Hui dari Museum Sejarah Alam Lee Kong Chian, NUS, dan Prof Rob Ewers dari Imperial College London. Dalam sebuah studi terpisah, tim peneliti juga menemukan bahwa variasi spesies ikan air tawar berkurang di daerah yang menjadi sasaran penebangan atau dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit bila dibandingkan dengan kawasan hutan lindung.

Kekeringan parah pada tahun 2016 mengurangi 16 aliran air yang terletak di bagian tenggara Sabah di Kalimantan menjadi serangkaian genangan air yang terputus. Ini memberikan kesempatan untuk mempelajari dampak ekologis pada populasi ikan lokal. Sungai-sungai ini mengalir melalui berbagai penggunaan lahan yang terdiri dari hutan primer, hutan yang ditebang, dan perkebunan kelapa sawit.

Dalam kondisi normal, sungai memiliki kedalaman air hingga 1,2 meter dan berkisar antara sekitar tiga hingga sepuluh meter. Tim peneliti mengumpulkan data tentang kelimpahan dan biomassa Nematabramis everetti sebelum, selama dan setelah kekeringan selama empat tahun.

Wilkinson berkata, "Meskipun suhu air naik, kadar oksigen turun, dan ikan terbatas pada daerah yang lebih kecil, Nematabramis everetti secara mengejutkan tahan terhadap kondisi kekeringan ini. Namun, populasinya masih berkurang secara signifikan dalam aliran yang mengalir melalui daerah yang dikenakan kegiatan logging. "