Coba Aturan 5/20 Untuk Pahami Label Nutrisi Secara Cepat

TrubusLife
Thomas Aquinus
25 Feb 2020   10:00 WIB

Komentar
Coba Aturan 5/20 Untuk Pahami Label Nutrisi Secara Cepat

Cek label nutrisi. (Healthy Eating)

Trubus.id -- Bahwa ada label daftar Fakta Gizi pada makanan kemasan sebetulnya benar-benar hebat. Ini adalah alat yang sangat berharga untuk menunjukkan kepada konsumen apa yang akan mereka dapatkan. Dan baru-baru ini rata-rata label telah menjadi lebih baik. Pada 2016, FDA mengubah aturan - produsen besar beralih ke label baru pada 1 Januari 2020; produsen dengan penjualan tahunan kurang dari US$10 juta harus mematuhi 1 Januari 2021. Label baru adalah perbaikan, dan sekarang telah mencantumkan hal-hal seperti gula tambahan, yang tidak termasuk sebelumnya; dan kalori per porsi akan lebih besar, untuk beberapa perubahan saja. 

Namun demikian, agak sulit untuk memahami nuansa label nutrisi. Beberapa hal mudah dipahami, tetapi dalam hal menyulap gram dan persentase Nilai Harian dan sebagainya, ini bisa menjadi sulit dimengerti bagi konsumen awam. Katakanlah, misalnya, satu porsi makanan mengandung 5 gram protein; kedengarannya cukup bagus, tetapi hanya memiliki 3% dari Nilai Harian, yang kedengarannya tidak begitu menjanjikan.

Baca Lainnya : Tren Nutrisi yang Akan Menjadi Berita di Tahun 2020

Di sini, kita dapat membiarkan "% Nilai Harian" (% DV) menjadi panduan kita - dan itu adalah trik sulap rahasia di balik aturan 5/20.

Lambang % DV menunjukkan berapa banyak nutrisi dalam satu porsi makanan, berdasarkan jumlah (dalam gram, miligram, atau mikrogram) dari nutrisi yang direkomendasikan per hari. Jadi misalnya, Nilai Harian untuk lemak jenuh adalah 20 gram - itu adalah jumlah maksimum yang harus dimiliki seseorang dalam sehari. Jika satu porsi makanan memiliki 10 gram - yang merupakan setengah dari kebutuhan harian - label akan mengatakan 50% DV.

Tapi apa maksud yang sebenarnya? FDA menjelaskan, bahwa sebagai aturan umum:

  • 5% DV atau kurang nutrisi per porsi rendah
  • 20% DV atau lebih nutrisi per porsi tinggi

Baca Lainnya : Masukkan 5 Nutrisi Ini Dalam Makananmu Untuk Kurangi Kram Menstruasi

Jadi, jika kamu menginginkan produk yang rendah gula tambahan, misalnya, 5% DV berarti bagus; jika kamu menginginkan makanan yang tinggi serat, 20% DV atau lebih berarti bagus. Ini menunjukkan cara menemukan lebih banyak nutrisi yang ingin dikonsumsi lebih banyak dan lebih sedikit dari yang ingin dimakan lebih sedikit.

Label nutrisi (foto: baby boomer) 

FDA juga merekomendasikan untuk membandingkan % DV produk makanan yang berbeda (jika ukuran penyajiannya sama) untuk memilih produk yang lebih tinggi nutrisi yang ingin kamu dapatkan lebih banyak dan lebih rendah nutrisi yang tidak kamu inginkan. Petunjuk % DV juga dapat membantu kamu membersihkan kebenaran di balik klaim label depan seperti "ringan," "rendah," dan "berkurang."

Secara umum, orang Amerika harus makan lebih banyak serat, kalium, dan kalsium (cari 20-an!) Dan lebih sedikit gula, lemak jenuh, dan natrium (cari 5-an!). Tetapi sesuaikan dengan kebutuhan nutrisimu sendiri - dan hanya itu. Itu aturan 5/20. Mudah, bukan? [Ayu/NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: