Bagaimana Berkumur Minyak Kelapa Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan?

TrubusLife
Thomas Aquinus
22 Feb 2020   14:00 WIB

Komentar
Bagaimana Berkumur Minyak Kelapa Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan?

Minyak kelapa. (Huda Beauty)

Trubus.id -- Berkumur minyak, adalah teknik gigi Ayurvedic kuno, yang cukup efektif dalam mengobati berbagai masalah kesehatan mulut. Berasal dari tradisi India selama lebih dari 5.000 tahun, berkumur minyak kelapa telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Ini mudah dilakukan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menunjukkan hasil. Berkumur minyak dapat menarik racun dari mulut, membantu melawan radang gusi, plak, dan mikroorganisme yang menyebabkan bau mulut.

Tetapi selain merawat masalah gigi, berkumur minyak juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Jika kamu adalah seseorang yang selalu khawatir tentang sistem pencernaan, maka kamu harus mencoba teknik kuno ini. Inilah semua yang perlu kamu ketahui tentang berkumur minyak dan manfaatnya bagi kesehatan.

Bagaimana itu membantu pencernaan

Dampak positif dari berkumur minyak kelapa pada kesehatan mulut mungkin diketahui semua orang. Tetapi tidak semua orang tahu bahwa berkumur minyak bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Lainnya : Minyak Kelapa vs Minyak Zaitun: Mana Lebih Sehat?

Mengayunkan mulut dengan minyak kelapa dapat membersihkan mulut, meningkatkan kesehatan gusi dan sekaligus memutihkan gigi. Bahkan bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Seperti kita ketahui bahwa langkah pertama pencernaan dimulai di mulut kita. Ketika makanan menyentuh mulut, lidah kita mendeteksi semua nutrisi dalam makanan itu dan memberi sinyal ke sistem pencernaan. Jika mulut tidak bersih, lidah tidak akan dapat mengirim sinyal ke perut. Jadi, ketika makanan akan mencapai perut, ia tidak akan dapat memecahnya dengan benar dan menyerap semua nutrisi.

Mengapa minyak kelapa?

Pertanyaan pertama yang mungkin muncul di benak kamu adalah mengapa minyak kelapa? Sebetulnya bisa apa saja seperti minyak zaitun atau minyak bunga matahari. Tetapi sesuai Ayurveda, kelapa lebih efektif dan sarat dengan manfaat kesehatan dibandingkan dengan minyak lainnya. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antimikroba. Selain itu, dapat dimakan dan aman. Mulut kita adalah rumah dari beberapa jenis bakteri. Ada yang baik dan ada yang buruk untuk kesehatan kita. Berkumur minyak membantu menghilangkan hanya bakteri jahat, tetapi obat kumur bahkan dapat menghancurkan bakteri baik.

Baca Lainnya : Kopi Ditambah Minyak Kelapa, Lebih Sehat untuk Tubuh Kita

Cara kumur-kumur minyak kelapa

Langkah 1: Ambil 1 sendok makan minyak kelapa di mulut dan kumur-kumur setidaknya selama 1 menit.

Langkah 2: Setelah ini, keluarkan minyak ke dalam baskom. Kamu dapat mulai lagi dengan 1 menit dan kemudian menambah waktu.

Jangan berkumur terlalu keras dan cobalah untuk tidak menelannya. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari dengan kondisi perut kosong.

Membeli minyak kelapa yang tepat

Ingat, kamu tidak dapat menggunakan sembarang minyak kelapa untuk dipakai berkumur. Ketika membeli minyak kelapa harus ekstra hati-hati. Hanya beli minyak kelapa organik, extra virgin atau tidak mentah. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: