Studi: Mencium Aroma Satu Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Kenyang

TrubusLife
Thomas Aquinus
22 Feb 2020   07:00 WIB

Komentar
Studi: Mencium Aroma Satu Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Merasa Lebih Kenyang

Cokelat hitam. (Gene online)

Trubus.id -- Dengan begitu banyaknya diet dan tips penurunan berat badan di luar sana, terkadang menjadi sulit untuk percaya, mana yang benar-benar efektif. Meskipun tak ada keraguan bahwa makan sehat dan olahraga teratur adalah cara terbaik dan berkelanjutan untuk menurunkan berat badan. Terkadang mencoba beberapa trik yang tidak berbahaya juga bisa membuat kita ragu untuk perjalanan penurunan berat badan.

Trik termudah
Mencium cokelat hitam. Ya, kamu membacanya dengan benar. Cokelat hitam sangat bagus untuk kulit dan melindungi jantung. Tapi tak hanya ini, mungkin terdengar aneh tetapi sebuah penelitian mengklaim bahwa hanya dengan mengendus cokelat hitam dapat menghilangkan hasrat dan menjadi sangat hebat untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2010 menilai efek cokelat hitam pada ghrelin, hormon yang mengatur nafsu makan dan mengirimkan sinyal ke otak ketika lapar.

Baca Lainnya : Selain Beraroma Lezat, Ini Daftar Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Para peneliti mengevaluasi 12 wanita yang BMI-nya antara 18 dan 25. Awalnya, semua 12 wanita ini dipaksa makan 30 mg dari 85 persen cokelat hitam. Kemudian para wanita ini secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Sementara satu kelompok makan 30 mg cokelat hitam setiap hari, kelompok lain hanya mencium aromanya.

Anehnya, semua wanita melaporkan penurunan nafsu makan mereka dan mengurangi mengidam setelah makan dan mengendus cokelat.

Mencium cokelat mengurangi kadar ghrelin dalam tubuh. Ketika kadar hormon kelaparan berkurang, nafsu makan mereka ditekan dan mengidam berkurang, bahkan hilang dalam beberapa kasus.

Baca Lainnya : Studi Menunjukkan, Rokok Elektrik Beraroma Dapat Memperburuk Asma

Penting untuk mengetahui bahwa penelitian ini dilakukan dalam skala yang sangat kecil. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang topik ini sebelum menarik kesimpulan utama.

Tapi, tak ada salahnya mengendus cokelat hitam, kan? Coba sekarang, tunggu apa lagi?

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Tips Membuat Akuarium Hias Sederhana dari 4 Pakar IPB

Pet & Animal   14 Juli 2020 - 10:25 WIB
Bagikan:          
Bagikan: