Bisakah Kita Terkena Flu Burung dari Memakan Telur?

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Feb 2020   08:00 WIB

Komentar
Bisakah Kita Terkena Flu Burung dari Memakan Telur?

Ilustrasi telur unggas. (Medical News Today)

Trubus.id -- Bahkan ketika pihak berwenang Tiongkok bekerja sepanjang waktu untuk menahan virus corona yang mematikan - yang telah menyebar ke 28 negara - wabah flu burung yang fatal juga telah dilaporkan di negara tersebut. Penyakit ini juga dikenal sebagai H5N1 yang merupakan jenis virus influenza dan diketahui menyebabkan penyakit pernafasan yang sangat menular pada burung. Infeksi ini menyebabkan penyakit parah pada manusia dan memiliki tingkat kematian yang tinggi (sekitar 60 persen, menurut WHO).

Jenis flu burung H5N1 yang sangat patogen telah terdeteksi di sebuah peternakan di kota Shaoyang, provinsi Hunan selatan di Tiongkok. Menurut sebuah laporan, lebih dari 4.500 ayam mati di peternakan tempat wabah pertama kali dilaporkan. Oleh karena itu, pemerintah Tiongkok telah memusnahkan 17.828 ayam sebagai tindakan pencegahan. WHO telah menyatakan bahwa meskipun H5N1 dapat ditularkan ke manusia, bukan berarti itu dapat menulari dengan mudah.

Baca Lainnya : Berapa Banyak Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari?

Apa itu flu burung?

Penyakit flu burung, seperti namanya adalah jenis virus yang menyerang unggas termasuk ayam, bebek dan unggas lainnya dan burung liar.

Penyakit ini juga dikenal sebagai virus H5N1 dan menyebabkan infeksi pernafasan yang parah pada burung. Ini diketahui menyebar pada manusia melalui kontak dengan kotoran burung yang terinfeksi dan sekresi tubuh lainnya. Wabah flu burung telah terjadi di Hunan, yang berbatasan dengan Hubei - pusat virus corona baru.

Gejala flu burung meliputi:

  1. Batuk
  2. Diare
  3. Kesulitan pernapasan
  4. Demam (lebih dari 38°C)
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri otot
  7. Malaise
  8. Hidung beringus

Bisakah mendapatkan flu burung dari memakan telur unggas?

Karena flu burung (flu burung) dapat dengan mudah menyebar ke unggas domestik, penting untuk meminimalkan risiko ketika menyangkut konsumsi dan/ atau penanganan telur. Meskipun tidak ada kasus penyebaran flu burung yang diketahui melalui konsumsi atau memasak telur, penting untuk diingat:

  1. Masak telur dengan benar sampai kuning telurnya kencang
  2. Jangan mengonsumsi telur berair
  3. Masak unggas secara menyeluruh pada atau di atas 70 derajat Celcius untuk membunuh virus H5N1
  4. Cuci tangan dengan air hangat selama minimal 20 detik setelah memegang telur atau unggas saat memasak
  5. Gunakan piring terpisah untuk merebus atau menyiapkan telur untuk menghindari kontaminasi silang
  6. Kuning telur sebaiknya tidak berair atau cair

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: