Mengapa Membersihkan Lemari Es Penting untuk Tetap Sehat?

TrubusLife
Thomas Aquinus
20 Feb 2020   11:00 WIB

Komentar
Mengapa Membersihkan Lemari Es Penting untuk Tetap Sehat?

Membersihkan kulkas. (Real Property Management)

Trubus.id -- Langkah pertama dan terpenting menuju menjalani hidup sehat adalah menjaga kebersihan dan kebersihan lingkungan. Kemudian datanglah makan makanan yang bersih dan sehat yang membantu menjaga kesehatan bagian dalam tubuh. Tetapi untuk mengikuti semua kebiasaan sehat ini, salah satu alat paling penting untuk tetap bersih adalah lemari es. Idealnya, lemari es yang digunakan secara teratur untuk menyimpan bahan makanan segar, makanan yang dimasak dan semua jenis saus, harus dibersihkan secara mendalam setiap 2 bulan. Tidak hanya penting untuk menjaga makanan lebih segar, tetapi juga untuk menjaga penyakit yang ditularkan melalui makanan. Studi menunjukkan bahwa penyakit yang disebabkan oleh makanan sebagian besar karena lemari es kotor karena mereka menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya seperti salmonella, E. coli dan listeria.

Mengapa perlu membersihkan kulkas?

Alasan paling penting di balik menjaga lemari es tetap bersih adalah untuk mencegah perkembangbiakan kuman yang selanjutnya dapat menyebabkan penyakit seperti keracunan makanan. Kita cenderung menumpuk bahan makanan tanpa menghabiskan yang sudah kita simpan. Hal ini menyebabkan sayuran dan buah-buahan tua membusuk dan memberi ruang bagi kuman untuk mulai berkembang biak. Hal yang sama terjadi ketika ada kari atau saus yang tumpah di lemari es dan tidak dibersihkan tepat waktu. Kulkas menjadi tulang punggung seluruh dapur dan dapur adalah tulang punggung rumah, sangat penting untuk menjaga pemeliharaannya.

Baca Lainnya : Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Selain Gunakan Kantung Penyimpanan Makanan Silikon

Seberapa sering harus membersihkannya?

Jika kamu mengisi lemari es dengan makanan segar setiap minggu, maka hanya manusia yang sering menumpahkan susu dan cairan seperti saus dan kari. Dalam hal ini, disarankan untuk membersihkan lemari es setidaknya sebulan sekali dengan air hangat dan bersabun. Tetapi jika tidak begitu teratur dengan kegiatan ini, bersihkan kulkas setidaknya setiap 2 bulan.

Bagaimana cara membersihkan kulkas?

Cara yang benar untuk dilakukan adalah pembersihan mendalam. Kamu harus mengosongkan lemari es sepenuhnya dan kemudian mengambil semua rak juga. Cuci setiap rak dengan air sabun panas dan gunakan air yang sama untuk mencuci bagian dalam kulkas juga. Pastikan kamu telah mematikan sakelar utama sebelum mulai. Cuci dengan benar dengan air bersih dan gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan semua air yang berlebih. Langkah-langkah yang sama harus diikuti untuk membersihkan freezer juga. Periksa makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa dan buanglah. Demikian pula, cari buah dan sayuran yang sudah rusak dan singkirkan juga. Keringkan rak sepenuhnya sebelum meletakkannya kembali.

Baca Lainnya : Hindari Menyimpan Potongan Semangka di Dalam Kulkas, Ini Bahayanya

Kiat agar tetap bersih dan sehat

Meskipun membersihkan lemari es secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menjaganya agar tetap bersih dan menjaga lingkungan yang sehat untuk makanan, kamu selalu dapat mengingat hal-hal lain untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh makanan.

Jaga suhu tetap benar

Rutin mengecek suhu membantu mencegah makanan dari tumbuhnya mikroorganisme berbahaya. Kulkas sebaiknya disimpan pada suhu 4℃ sedangkan freezer harus diatur di bawah -10 ℃.

Periksa tanggal kedaluwarsa

Baca Lainnya : Berikut Ini Alasan Kenapa Disarankan Tidak Menyimpan Telur di Pintu Kulkas

Menjaga tanda centang pada tanggal kedaluwarsa juga merupakan bonus ketika ingin menjaga lemari es tetap bersih. Produk makanan yang telah kedaluwarsa mulai mengembangkan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Bacteroids yang tidak hanya memberi kamu keracunan makanan instan tetapi juga dapat mulai memengaruhi barang-barang lain di lemari es.

Hindari kulkas terlalu padat

Menghindari kerumunan belanjaan adalah hal lain yang harus diingat. Ruang yang cukup di antara barang-barang makanan untuk memungkinkan mereka ruang yang tepat untuk mengalirkan udara dan mempertahankan suhu yang diperlukan sangat penting.

Merawat freezer

Untuk freezer, hal lain yang sama pentingnya selain menjaga suhu pada -10 ℃ adalah membekukan makanan yang dikemas dengan baik. Juga perlu diingat untuk mengganti air di baki es secara teratur. Hindari kebocoran makanan sebanyak mungkin dan menjaga ruang yang baik di antara barang-barang untuk menjaga freezer tetap sehat. Menjaga ventilasi freezer tetap bersih dan bebas dari kekacauan juga akan sangat membantu. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: