Ekstrak Teh Hijau Dapat Kurangi Lemak Hati Hingga 75 Persen

TrubusLife
Thomas Aquinus
20 Feb 2020   20:00 WIB

Komentar
Ekstrak Teh Hijau Dapat Kurangi Lemak Hati Hingga 75 Persen

Teh hijau. (Iberia)

Trubus.id -- Hati adalah organ besar dan salah satu yang paling vital dalam tubuh. Sangat penting untuk memastikannya berfungsi dengan baik karena bertanggung jawab untuk menangani muatan racun dalam tubuh kita. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan penyakit hati yang belum pernah terjadi sebelumnya, salah satunya adalah penyakit hati berlemak. Tidak ada obat khusus untuk itu dan dokter biasanya meresepkan perubahan diet dan olahraga. Tetapi sesuai dengan laporan baru-baru ini, orang yang menderita penyakit hati berlemak non-alkohol dapat mengambil manfaat dari olahraga teratur dan dengan mengganti minuman berkalori tinggi dengan teh hijau dan diet tanpa kafein, saran penelitian baru.

Studi ini telah menemukan bahwa kombinasi ekstrak teh hijau dan olahraga mengurangi keparahan penyakit hati berlemak terkait obesitas sebesar 75 persen pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Meskipun tidak diuji dalam uji coba pada manusia, hasilnya menunjukkan strategi kesehatan yang potensial. "Menggabungkan keduanya mungkin memiliki manfaat kesehatan bagi orang-orang, tetapi kami belum memiliki data klinis," kata Joshua Lambert, Associate Professor Ilmu Makanan di The Pennsylvania State University di AS.

Baca Lainnya : Hasil Studi pada Tikus: Ekstrak Teh Hijau Dan Olahraga Efektif Kurangi Penyakit Hati Berlemak

Masalah kesehatan global

Penyakit hati berlemak ini telah menjadi masalah kesehatan global dan dengan jenis gaya hidup yang dijalani orang-orang, penyakitnya akan memburuk. Karena tingginya prevalensi faktor risiko seperti obesitas dan diabetes tipe-2, penyakit hati berlemak diperkirakan akan menimpa lebih dari 100 juta orang pada tahun 2030. Dan saat ini belum ada terapi yang valid untuk penyakit ini.

Dalam studi tersebut, tikus yang diberi diet tinggi lemak selama 16 minggu yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga secara teratur dengan menggunakan roda ditemukan memiliki hanya seperempat dari simpanan lemak dalam hati mereka dibandingkan dengan yang terlihat pada hati suatu kelompok kontrol tikus. Tikus yang diobati dengan ekstrak teh hijau saja atau berolahraga sendiri memiliki sekitar setengah lebih banyak lemak dalam hati mereka sebagai kelompok kontrol. Selain menganalisis jaringan hati tikus dalam penelitian ini, yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biokimia, para peneliti juga mengukur kandungan protein dan lemak dalam kotoran mereka. Mereka menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga memiliki kadar lemak dan protein tinja yang lebih tinggi.

Baca Lainnya : Catat, Beginilah Cara Teh Hijau Memberi Manfaat Bagi Kecantikan Kulit

"Dengan memeriksa hati tikus-tikus ini setelah penelitian berakhir dan dengan menyaring kotoran mereka selama penelitian, kami melihat bahwa tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga sebenarnya memproses nutrisi secara berbeda - tubuh mereka menangani makanan secara berbeda," kata Lambert. "Kami pikir polifenol dalam teh hijau berinteraksi dengan enzim pencernaan yang disekresikan di usus kecil dan sebagian menghambat pemecahan karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan," tambahnya. "Jadi, jika seekor tikus tidak mencerna lemak dalam makanannya, lemak itu dan kalori yang terkait dengannya melewati sistem pencernaan tikus, dan sejumlah tertentu itu akhirnya keluar dalam kotorannya," katanya. [Ayu/NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: