Alih-alih Minum Kopi, Naik Tangga Lebih Baik untuk Tingkatkan Energi dan Motivasi

TrubusLife
Thomas Aquinus
19 Feb 2020   12:00 WIB

Komentar
Alih-alih Minum Kopi, Naik Tangga Lebih Baik untuk Tingkatkan Energi dan Motivasi

Naik tangga. (Hindustan Times)

Trubus.id -- Kafein adalah cara yang paling disukai untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan energi. Setelah tidur malam yang buruk, kebanyakan orang beralih ke kopi untuk mendapatkan energi yang singkat. Tetapi ada fakta lain bahwa kelebihan asupan kafein tak baik untuk kesehatan. Selain itu, dampaknya hanya sementara, yang memudar lebih cepat dari yang disadari.

Nah, para ilmuwan telah menemukan cara lain yang jauh lebih efektif dan alami untuk meningkatkan energi dan memotivasi. Singkirkan secangkir kopi karena sudah saatnya kamu terlibat dalam aktivitas fisik.

Pilihan alternatif

Alih-alih meraih secangkir kafein favorit, berjalanlah naik dan turun tangga selama 10 menit untuk merasa aktif dan termotivasi.

Baca Lainnya : 4 Alasan Baik Minum Kopi Sebelum Olahraga

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Georgia, orang dewasa yang kurang tidur yang berjalan naik dan turun dengan kecepatan tetap selama 10 menit merasa lebih berenergi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi 50 miligram kafein atau sekaleng soda.

Para peneliti termasuk 18 mahasiswa perempuan berusia antara 18 dan 23 tahun dalam studi mereka. Mereka memilih peserta yang dilaporkan mengalami kurang tidur kronis. Mereka diminta mengikuti tes yang mengevaluasi ingatan, perhatian, waktu reaksi, dan motivasi mereka dalam dua situasi terpisah. Pada yang pertama, mereka diberi kapsul yang mengandung 50 miligram kafein atau plasebo, sedangkan yang kedua mereka diminta berjalan naik dan turun tangga secara teratur sekitar 10 menit.

Baca Lainnya : Dapatkah Teh dan Kopi Mencegah Konstipasi?

Pada akhirnya, ditemukan bahwa tim yang berjalan di tangga lebih termotivasi dan berenergi dibandingkan dengan mereka yang diberi kafein. Namun, tidak ada kondisi yang berdampak pada memori seseorang.

Kesimpulannya, studi baru ini adalah kabar baik bagi semua orang yang bergantung pada kafein untuk tetap termotivasi dan fokus sepanjang hari. Daripada minum kopi, mereka bisa berjalan-jalan di kantor atau di rumah selama 10 menit ketika merasa lesu. Ini juga akan membantumu tetap aktif dan bahkan tetap fit.

Coba, yuk! [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: