Mikroba Kulit Bisa Memprediksi Usia Kronologis Manusia?

Thomas Aquinus
19 Feb 2020   13:00 WIB

Mikroba Kulit Bisa Memprediksi Usia Kronologis Manusia?

Ilustrasi (Biorasi)

Trubus.id -- Kulitmu mengkhianati usiamu. Bukan, kita tidak sedang bicara soal keriput. Sebaliknya, para ilmuwan telah menemukan bahwa profil mikroba pada kulit dapat memprediksi usia kronologis kita dalam beberapa tahun.

Tubuh kita ditutupi dengan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus, komunitas yang hidup secara kolektif yang dikenal sebagai mikrobioma manusia. Dan para ilmuwan telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa profil mikrobioma berubah seiring bertambahnya usia.

Sekarang, para peneliti di University of California, San Diego (UCSD) dan IBM telah menciptakan alat prediksi berdasarkan pembelajaran mesin yang dapat memperkirakan usia dalam waktu 4 tahun berdasarkan persentase dari berbagai populasi mikroba kulit yang ada.

Baca Lainnya : Ilmuan Temukan Alternatif Antibiotik pada Kotoran Domba dan di Kulit Manusia

Para peneliti mengatakan alat ini dapat mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang peran mikroba dalam kemungkinan mempercepat atau memperlambat proses penuaan dan memengaruhi penyakit yang berkaitan dengan usia. Mereka menggambarkan teknik mereka dalam makalah yang diterbitkan Selasa (11/2) di jurnal mSystems.

Mikrobioma manusia terdiri dari triliunan bentuk kehidupan uniseluler, yang tampaknya melebihi jumlah sel manusia dalam tubuh kita. Mikroba-mikroba ini menghuni lorong-lorong kulit, mulut, hidung dan paru-paru, saluran-saluran usus, rongga vagina, dan setiap sudut dan celah lainnya di dalam diri kita. Namun, jenis-jenis mikroba berbeda dari wilayah ke wilayah tubuh.

Kehidupan kita bergantung pada mikrobioma ini dengan cara yang baru dipahami oleh para ilmuwan. Mikrobioma kulit membentuk lapisan pelindung terhadap serangan bakteri berbahaya. Mikrobioma usus membantu tubuh mencerna makanan, menyerap nutrisi, dan mengatur sistem kekebalan tubuh.

Baca Lainnya : Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Jarang Diketahui

Sebagian besar, ini adalah hal yang baik. Tetapi ketika hubungan simbiotik ini serba salah, karena alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, kondisi seperti diabetes, penyakit radang usus dan kanker dapat berkembang. Beberapa peneliti menyarankan bahwa penuaan itu sendiri, dan penyakit yang sering menyertainya, mungkin merupakan hasil dari perubahan lanskap mikrobioma.

Dalam studi baru, para peneliti memeriksa mikroba di hampir 10.000 sampel yang diambil dari kulit, mulut atau usus untuk melihat mana yang akan menjadi prediktor terbaik dari usia kronologis para donor. Sampel kulit memberikan prediksi usia paling akurat, memperkirakan dengan benar dalam 3,8 tahun, dibandingkan dengan 4,5 tahun untuk sampel oral dan 11,5 tahun untuk sampel usus.

Baca Lainnya : Makan Buah Ini Tiap Hari Bisa Bikin Kulit Glowing dan Rambut Lebih Halus, Loh

Salah satu alasan mengapa mikroba yang hidup di kulit kita tampak berubah begitu konsisten pada orang yang berbeda seiring bertambahnya usia mungkin merupakan variasi yang dapat diprediksi dalam fisiologi kulit yang dialami semua orang. Ini termasuk penurunan produksi minyak kulit alami dan peningkatan kekeringan, kata tim peneliti.

Pada bulan Desember 2018, sekelompok ilmuwan yang berbeda memposting sebuah penelitian di server preprint bioRxiv yang menggunakan mikrobioma usus untuk memperkirakan usia hingga keakuratan sekitar 4 tahun. Sementara hasil itu mungkin sangat penting, profil mikrobioma usus sangat bervariasi di seluruh dunia, sangat ditentukan oleh diet, kata Rob Knight, seorang profesor dan direktur UCSD Center for Microbiome Innovation, yang turut memimpin penelitian terbaru. Mikrobioma kulit mungkin lebih diterapkan secara universal pada perkiraan usia, studi timnya menyarankan.

Mengetahui peran yang dimainkan oleh semua wilayah mikrobioma dalam penuaan dapat membantu para peneliti lebih memahami risiko seseorang terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia.

Baca Lainnya : 7 Makanan Berkolagen yang Bisa Membuat Kulit Awet Muda

"Kemampuan baru ini untuk mengorelasikan mikroba dengan usia akan membantu kita memajukan studi di masa depan tentang peran yang dimainkan mikroba dalam proses penuaan dan penyakit terkait usia, dan memungkinkan kami untuk menguji lebih baik intervensi terapi potensial yang menargetkan mikrobioma," kata Zhenjiang Zech Xu, yang memimpin studi dengan Knight sementara sesama postdoctoral di labnya.

Misalnya, mengetahui bahwa orang yang berusia 40 tahun memiliki mikrobioma usus atau kulit yang mirip dengan orang berusia 60 tahun dapat memperingatkan dokter tentang penyakit yang mendasarinya. Tujuan tim UCSD adalah menciptakan model pembelajaran mesin untuk mengorelasikan kondisi mikrobioma dan klinis, seperti peradangan pada kondisi autoimun.

Pendekatan ini dapat membentuk dasar untuk tes berbasis-mikrobioma non-invasif yang membantu dokter mendiagnosis atau menilai risiko seseorang terhadap suatu penyakit dan merawatnya, sangat mungkin dengan mengubah mikrobioma.

Baca Lainnya : 8 Tips Perawatan untuk Kulit Sekitar Mata Awet Muda

Sebagai contoh, Knight mengatakan bahwa satu pengobatan efektif untuk infeksi Clostridium difficile, atau C-diff, yang menyebabkan diare kronis, adalah transplantasi tinja. Prosedur ini sebagian besar menggantikan mikrobioma usus pasien dengan profil mikroba dari orang yang sehat.

Para ilmuwan baru mulai memahami hubungan antara mikrobioma dan penuaan yang sehat, kata Knight, yang merupakan salah satu pendiri American Gut Project, sebuah penelitian ilmiah crowdfunded dan crowdsourced yang berupaya untuk membangun database mikrobioma kolosal, kata mereka. [Ayu/NN]