Meskipun Bersuhu Ekstrim, Masih Ada Hewan yang Bisa Bertahan Hidup di Kutub Utara

TrubusLife
Hernawan Nugroho
18 Feb 2020   17:00 WIB

Komentar
Meskipun Bersuhu Ekstrim, Masih Ada Hewan yang Bisa Bertahan Hidup di Kutub Utara

Saat musim dingin suhunya bisa mencapai minus 40 derajat celsius.  Walaupun begitu, masih ada makhluk hidup yang tinggal di sana (Nature)

Trubus.id -- Salah satu tempat paling dingin di Bumi adalah Kutub Utara. Saat musim panas saja suhu di sana masih 0 derajat celsius. Sedangkan saat musim dingin suhunya bisa mencapai minus 40 derajat celsius. 

Walaupun begitu, masih ada manusia yang tinggal di sana, yaitu orang Eskimo. Selain itu ada juga beberapa jenis hewan yang tinggal di Kutub Utara.

1. Beruang Kutub

Sesuai dengan namanya beruang jenis ini hidup di Kutub, atau lebih tepatnya di Kutub Utara. Beruang kutub juga sering disebut mamalia laut karena bisa berenang sejauh 90 kilometer tanpa berhenti. Beruang kutub merupakan beruang yang paling karnivora di antara jenis beruang yang lain. Mereka bahkan bisa mencium bau bangkai ikan paus yang berada dalam jarak 30 kilometer.

Baca Lainnya : Gawat, Kutub Utara Diprediksi Akan Bebas dari Es di Tahun 2044 Mendatang

2. Walrus

Hewan ini memiliki 2 gigi yang keluar dari mulutnya dan kumis tebal di sekitar mulutnya. Itulah ciri khas Walrus, hewan bertubuh besar yang hidup di Kutub Utara. Hewan ini memiliki lapisan lemak yang tebal sehingga tubuhnya tidak kedinginan saat berbaring di atas es. Makanan mereka adalah udang dan kerang.

(foto: Nature)

3. Rusa Kutub

Rusa kutub disebut juga sebagai karibu. Mereka tinggal di Kutub Utara dan negara-negara di belahan Bumi utara, seperti Amerika Utara, Siberia, dan pegunungan utara Eropa. Rusa kutub memiliki bulu yang tebal dan halus supaya mereka tetap hangat. Saat musim dingin, rusa kutub pergi ke arah hutan agar terlindung dari angin dingin dan salju. Namun saat musim semi, mereka pergi ke daerah tundra dan melahirkan anak-anak mereka.

4. Kelinci Arktik

Sesuai namanya, kelinci arktik hidup di Arktik atau di Kutub Utara. Biasanya mereka tinggal secara berkelompok di bebatuan lereng bukit. Hal ini dilakukan supya mereka tetap hangat dan terhindar dari pemangsa. Makanan mereka adalah rumput dan batang pohon.

Baca Lainnya : Es di Kutub Utara Mencair, Fakta Mengerikan Ini Muncul

5. Burung Hantu Salju

Meskipun itu adalah burung hantu salju yang biasanya hidup di Kutub Utara. Namun begitu, burung hantu ini juga bisa ditemui di daerah Eropa, Amerika Utara, dan beberapa daerah di Asia. Burung ini memiliki bulu yang tebal dan berwarna putih seputih salju. Saking putihnya, kalau dilihat dari jauh, burung hantu ini hanya akan terlihat seperti tumpukan salju.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: