5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

TrubusLife
Thomas Aquinus
17 Feb 2020   13:00 WIB

Komentar
5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Indra penciuman anjing. (Earth)

Trubus.id -- Ketika sampai pada indra penciuman, anjing pasti lebih unggul di atas kita manusia. Jadi, tidak mengherankan bahwa teman-teman berkaki empat kita sering diandalkan untuk menggunakan hidung mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas penting, dan bahkan menyelamatkan jiwa, dari melayani sebagai anjing militer yang dapat mengendus keberadaan bom atau senjata hingga pelatihan sebagai anjing peliharaan, yang dapat memperingatkan pemilik epilepsi mereka untuk kejang yang akan datang atau diabetes ketika gula darah mereka terlalu rendah.

Berikut adalah lima fakta menakjubkan tentang indra penciuman anjing.

1. Mereka Bisa Mencium Emosi Manusia
Kita semua tahu bahwa anjing bisa mencium aroma makanan — atau makan malam ayam — dari jarak 1,5 km jauhnya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa indra penciuman anjing bisa jauh lebih banyak daripada hanya mengendus makanan (atau hewan liar, sampah, atau kaus kaki kotor).

Hidung anjing juga dapat mendeteksi rasa takut atau bahkan kesedihan karena mereka dapat menangkap aroma adrenalin — juga dikenal sebagai hormon “lawan-atau-lari”. Ketika tiba saatnya untuk “mencium rasa takutmu,” peningkatan detak jantung dan aliran darah mengirimkan bahan kimia tubuh yang khas ke permukaan kulit kita, yang dapat segera dirasakan oleh anjing.

Jadi itu sebabnya sahabat manusia ini sering diandalkan sebagai hewan penolong atau layanan emosional, karena mereka dapat dilatih untuk "mencium" serangan kecemasan atau peristiwa buruk lainnya pada manusia. Anjing juga diketahui “mencium” penyakit, termasuk kanker, karena mereka meninggalkan tanda bau khusus di tubuh dan sekresi tubuh manusia, seperti keringat, napas, atau urin.

2. Anjing Dapat Mengendus Aroma Tubuh Khas 
Meskipun kebanyakan manusia mandi secara teratur dan berusaha menutupi bau tubuh alami dengan produk-produk seperti deodoran dan parfum, tidak ada yang menyembunyikan aroma unik tubuh seseorang dari seekor anjing. Dan, ya, itu sebabnya banyak anjing akan menyambut kamu (atau, yang lebih memalukan, teman atau kerabatmu) dengan hidung langsung ke daerah selangkangan, yang kaya dengan kelenjar keringat apokrin yang menghasilkan feromon yang menyampaikan informasi sosial penting kepada anjing. 

3. Alasan Anjing Mengendus Anjing Lain

Anjing mengendus (foto: Dog Gear)
Ini juga bisa menjadi situasi yang tidak nyaman ketika kamu keluar berjalan-jalan dengan anjing dan dia berhenti mengendus alat kelamin atau bagian belakang anjing lain. Tetapi untuk anjing, itu benar-benar perilaku yang dapat diterima - dan mereka melakukannya karena alasan yang baik. Ketika anjing mengendus satu sama lain, mereka menemukan detail penting tentang teman baru mereka, karena indra penciuman anjing benar-benar dapat menentukan informasi mulai dari apa yang dimakan teman anjing barunya hingga perkiraan berapa lama mereka.

Dan pada catatan itu, ketika anjing "menandai" di seluruh lingkungan, mereka sebenarnya berkomunikasi dengan anjing lain. Jadi mengendus pohon (dan kemudian segera meninggalkan kartu panggil mereka) sebenarnya adalah cara anjing untuk mengejar gosip lingkungan.

4. Jenis Anjing Dapat Menentukan Seberapa Kuat Hidung Mereka
Walaupun semua anjing memiliki jutaan reseptor aroma yang terkubur dalam-dalam di hidung mereka, tidak semua anjing sama dalam hal indra penciuman mereka — dan itu tidak selalu ada hubungannya dengan seberapa besar biakannya. Misalnya, Dachshund memiliki sekitar 125 juta reseptor penciuman, tetapi anjing pelacak memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah itu dengan sekitar 300 juta reseptor aroma, itulah sebabnya mereka sering dipanggil untuk tujuan pelacakan. Ras seperti Gembala Jerman (yang merupakan pilihan populer untuk hewan penolong) memiliki sekitar 225 juta. Untuk lebih menjelaskan betapa mengesankan angka-angka itu, dengan perbandingan, hidung manusia hanya mengandung lima juta reseptor aroma.

5. Lubang Hidung Anjing Adalah Mesin yang Kompleks
Kita tahu bahwa anjing (dan, biasanya, hewan pada umumnya) memiliki indra penciuman yang lebih kuat daripada manusia karena hidung mereka terstruktur secara berbeda. Tetapi anjing juga memiliki metode pernapasan yang berbeda dari kita; misalnya, setiap lubang hidung anjing mengandung bukaan terpisah untuk bernapas masuk dan keluar, dan mereka juga beroperasi secara independen (artinya mereka dapat menangkap berbagai bau yang datang dari arah yang berbeda).

Selain itu, manusia tidak cenderung berjalan dengan hidung ke tanah, dan anjing akan menyelidiki secara mendalam setiap bau yang mereka temui dengan banyak hirupan — bahkan, seekor anjing dapat mengendus setidaknya lima hingga enam kali per detik).

Mindblowing! [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: