Benarkah Makan Pisang dan Susu Bersamaan Baik untuk Kesehatan?

TrubusLife
Syahroni
16 Feb 2020   13:30 WIB

Komentar
Benarkah Makan Pisang dan Susu Bersamaan Baik untuk Kesehatan?

Ilustrasi. (Only My Health)

Trubus.id -- Tidak ada yang sebagus milkshake pisang yang enak atau smoothie pisang dingin. Sejak lama, kita telah diberitahu bahwa susu dan pisang menghasilkan kombinasi yang sehat. Jika kamu juga telah mencampur pisang dan susu bersama-sama, maka inilah saatnya untuk menunggu dan memikirkan bagaimana hal itu memengaruhi tubuh dan metabolisme tubuhmu.

Kombinasi susu dan pisang adalah salah satu yang paling populer, di kalangan penggemar kebugaran dan pecinta kuliner. Banyak ahli kesehatan menyarankan bahwa asupan harian dari kedua makanan ini membantu perkembangan otot dan merupakan sumber kalsium, kalium dan nutrisi penting lainnya. Tidak heran, ketika bicara soal campuran sehat lagi memanjakan, milkshake pisang menjadi pilihan populer.

Namun menurut beberapa penelitian, telah diamati bahwa kombinasi atau makan dua makanan ini bersama-sama dapat memengaruhi sistem pencernaan. Bahkan menurut buku Ayurveda, kombinasi ini dianggap tidak sesuai.

Mengapa TIDAK?

Sesuai buku Ayurveda, tiap makanan memiliki sifat yang berbeda, yang memengaruhi pencernaan dengan cara yang baik atau buruk. Padahal, setiap makanan memiliki sifat unik, yang memengaruhi sistem pencernaan. Kehadiran cairan lambung menentukan bagaimana makanan tertentu bereaksi ketika molekul makanan diproses dalam tubuh.

Bahkan, sesuai Ayurveda, pisang dan susu dianggap kombinasi yang buruk dan dapat memengaruhi pencernaan serta dapat memperburuk gangguan pernapasan seperti sinus dingin dan batuk. Terlepas dari itu sesuai Ayurveda, kombinasi buah-buahan dan susu adalah tidak boleh sama sekali karena meningkatkan produksi lendir dalam tubuh.

Bagaimana pengaruhnya terhadap sistem

Menariknya, pisang dan susu memiliki elemen pendingin, tetapi efek dari dua makanan ini bersama-sama dapat menghancurkan kekacauan pada sistem pencernaan. Selain itu, penggabungan kedua bahan ini tidak bisa sebesar yang dipertimbangkan untuk seseorang yang menderita gangguan pernapasan dan alergi sinus.

Tidak hanya itu, jika kamu sedang hamil, maka kombinasi ini sangat dilarang! Namun, jika kamu makan kedua makanan itu pada interval waktu yang berbeda, itu bisa baik untukmu maupun bayi.

Dari Times of India, menurut Dr. Rita Bakshi, Ginekolog Senior, International Fertility Centre, “Kombinasi pisang dan susu secara bersamaan dapat menghasilkan racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan alergi dan infeksi yang tidak diinginkan. Campuran kedua bahan tersebut sangat tinggi kalori yang mengarah untuk meningkatkan berat badan dan massa tubuh. Sangat disarankan bagi wanita untuk menahan diri dari makan kombinasi ini selama kehamilan untuk menghindari komplikasi. Selain itu, kombinasi ini dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh seperti pilek, batuk, ruam, alergi, dan muntah.”

Kesimpulannya, pisang dan susu sangat bagus untuk perkembangan tubuh dan juga untuk memperkuat kekebalan tubuh. Namun, mengonsumsi dua makanan ini bersama-sama ternyata dapat memperburuk beberapa gangguan kesehatan dan dapat membuat lendir, yang dapat memengaruhi sistem pernapasan. Karenanya, makan dua makanan ini pada interval yang berbeda akan membantu meningkatkan kesehatan dan membangun otot yang kuat dan memperkuat metabolisme.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah COVID-19 Lebih Parah pada Pasien Pria?

Health & Beauty   02 April 2020 - 13:01 WIB
Bagikan: