Studi: 10.000 Langkah Sehari Belum Tentu Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan 

TrubusLife
Syahroni
16 Feb 2020   06:00 WIB

Komentar
Studi: 10.000 Langkah Sehari Belum Tentu Dapat Mencegah Kenaikan Berat Badan 

Ilustrasi. (Deposit Photo)

Trubus.id -- Terlepas dari kepercayaan umum bahwa kita semua harus berjalan 10.000 langkah sehari, penelitian AS baru telah menemukan bahwa meskipun berjalan lebih banyak dapat mengurangi waktu duduk, itu sebenarnya tidak juga dapat mencegah penambahan berat badan.

Dilakukan oleh para peneliti di Universitas Brigham Young, studi baru mengamati 120 mahasiswa baru selama enam bulan pertama kuliah mereka dan membaginya menjadi tiga kelompok untuk menyelidiki apakah meningkatkan jumlah langkah harian di atas 10.000 akan mencegah kenaikan berat badan dan lemak.

Sementara satu kelompok siswa diminta berjalan 10.000 langkah sehari selama enam hari seminggu selama 24 minggu, kelompok lain diminta berjalan 12.500 langkah sehari, dan yang ketiga 15.000 langkah sehari. Para peserta diminta untuk memakai pedometer 24 jam sehari untuk melacak langkah mereka. Para peneliti juga melacak asupan kalori dan berat badan peserta.

Temuan, yang diterbitkan dalam Journal of Obesity, menunjukkan bahwa sementara para siswa rata-rata berjalan sekitar 9.600 per hari sebelum memulai penelitian, mereka yang berada dalam kelompok 10.000 langkah berhasil rata-rata 11.066 langkah sehari pada akhir penelitian. Mereka yang berada dalam kelompok 12.500 langkah rata-rata 13.638 langkah dan mereka yang berada di kelompok 15.000 langkah rata-rata 14.557 langkah sehari.

Namun, tidak peduli berapa banyak langkah yang dilakukan siswa, mereka tetap bertambah berat, bahkan jika mereka berada dalam kelompok 15.000 langkah sehari. Para peserta memperoleh rata-rata sekitar 1,5 kg selama periode studi, dengan para peneliti mencatat bahwa kenaikan berat badan rata-rata 1 hingga 4 kg adalah umum selama tahun pertama kuliah, menurut penelitian sebelumnya.

"Berolahraga sendirian tidak selalu merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan," kata penulis utama Bruce Bailey, "Jika Anda melacak langkah-langkah, itu mungkin memiliki manfaat dalam meningkatkan aktivitas fisik, tetapi penelitian kami menunjukkan itu tidak akan diterjemahkan menjadi mempertahankan berat badan atau mencegah penambahan berat badan. "

Namun, satu temuan positif adalah bahwa berjalan kaki lebih banyak membantu meningkatkan aktivitas fisik, yang "mungkin memiliki manfaat emosional dan kesehatan lainnya," kata penulis penelitian. Tidak mengherankan, berjalan lebih signifikan mengurangi waktu menetap di kedua kelompok 12.500 dan 15.000 langkah, dan sebanyak 77 menit sehari dalam kelompok 15.000 langkah.

"Manfaat terbesar dari rekomendasi langkah ini adalah membuat orang keluar dari gaya hidup yang menetap," Bailey. "Meskipun itu tidak akan mencegah kenaikan berat badan sendiri, lebih banyak langkah selalu lebih baik untukmu."

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Benarkah COVID-19 Lebih Parah pada Pasien Pria?

Health & Beauty   02 April 2020 - 13:01 WIB
Bagikan: