Studi: Mamalia Kecil Membantu Penyebaran Pohon dalam Iklim yang Memanas

TrubusLife
Syahroni
15 Feb 2020   09:00 WIB

Komentar
Studi: Mamalia Kecil Membantu Penyebaran Pohon dalam Iklim yang Memanas

Mamalia kecil seperti bajing ini turut embantu penyebaran pohon di kodisi iklim yang memanas. (Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Alessio Mortelliti, asisten profesor ekologi habitat satwa liar di University of Maine, menemukan mamalia kecil dapat mempengaruhi apakah pohon menyebar ke daerah baru dalam iklim yang memanas.

Penelitian Mortelliti, yang diterbitkan dalam jurnal Oikos, mengamati perilaku mamalia hutan kecil yang memakan biji bijian pohon lainnya.

Dengan memilih benih tertentu dan menolak yang lain, hewan-hewan itu dapat mengubah pohon-pohon yang membentuk hutan, menurut rilis berita Second Century Stewardship. 

Jika mereka memakan semua biji di wilayah mereka, benih itu tidak dapat tumbuh menjadi pohon baru. Biji yang terbawa, disimpan untuk nanti, dan kemudian dilupakan dapat berkecambah jauh dari pohon induknya.

Mortelliti dan timnya mempelajari bagaimana hewan bereaksi terhadap benih "baru" atau tidak dikenal dari pohon beriklim hangat.

"Cara predator benih bersaing dengan biji atau buah yang baru, dan cara interaksi ini selanjutnya dapat membuka konsekuensi dramatis pada keberhasilan pembentukan spesies tanaman di ekosistem baru," catat para peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara mamalia kecil dan benih baru mungkin memiliki efek berjenjang pada perubahan kisaran tanaman yang disebabkan iklim dan komposisi masyarakat, menurut para peneliti. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: