Apakah Produk ‘Low-Fat’ Benar-benar Dapat Membantu Diet?

TrubusLife
Thomas Aquinus
14 Feb 2020   18:00 WIB

Komentar
Apakah Produk ‘Low-Fat’ Benar-benar Dapat Membantu Diet?

Contoh label kandungan lemak. (Wise Geek)

Trubus.id -- Obesitas adalah salah satu masalah yang dihadapi seluruh dunia. Menurut survei baru-baru ini, ditemukan bahwa 1,9 miliar orang dewasa (di atas 18 tahun) di seluruh dunia kelebihan berat badan dan sekitar 650 juta orang mengalami obesitas. 

WHO menjelaskan obesitas sebagai kondisi kesehatan ketika proporsi lemak meningkat dalam tubuh manusia. Ini berbeda dari kelebihan berat badan karena itu berarti berat badan naik terlalu banyak. Karena besarnya masalah ini, solusi dalam bentuk teori yang berbeda juga telah mengalir lebih cepat daripada sungai. Dunia telah melihat banyak ahli muncul dan memperkenalkan berbagai jenis diet seperti diet GM dan diet Keto. Tren diet ini telah berubah secepat mode tetapi satu hal yang telah menghambat selama ini adalah produk rendah lemak.

Menurunkan berat badan, seperti yang kita semua tahu, sudah merupakan sebuah kebutuhan saat ini. Ahli gizi terkenal Katherine Baqleh mengatakan, “Di masa sekarang di mana kenyamanan dan kecepatan diperlukan dalam pemilihan makanan, ukuran porsi meningkat dan kualitas seluruh makanan memburuk. Banyak kenyamanan dan makanan yang disiapkan sebelumnya tinggi lemak, tinggi karbohidrat olahan, dan menggunakan protein berkualitas rendah seperti ikan goreng atau daging berlemak."

Baca Lainnya : Studi-studi Kontroversial Tunjukkan Makan Daging dalam Jumlah Sedang Sebagai Diet Sehat

Makanan rendah lemak mungkin menghilangkan lemak tetapi perusahaan yang membuat makanan ini harus menambahkan unsur-unsur tertentu untuk membuat orang memilihnya daripada versi biasa. Produk yang 30% lebih rendah dalam kalori dari lemaknya disebut makanan rendah lemak. Jadi, jika kamu menemukan lemak dalam produk menjadi 3% atau di bawahnya, maka itu adalah produk rendah lemak. Sebagian besar dari produk-produk ini memiliki tulisan 'rendah lemak' dan untuk mengonfirmasi, kamu selalu dapat memeriksa label nutrisi.

Salah satu kesalahpahaman terbesar yang berputar di sekitar makanan rendah lemak adalah bahwa karena lebih rendah lemak, beberapa orang cenderung bingung dengan nol lemak. Dan membiarkan diri mereka mengonsumsi lebih banyak produk low-fat daripada produk biasa. produk-produk ini tentunya kurang lemak tetapi untuk membuatnya rasanya hampir sama dengan produk biasa, lebih banyak garam dan gula ditambahkan. Yang pada gilirannya, membuat makanan tidak rendah kalori. Jadi, konsumsi ini tidak membantu menurunkan berat badan. Misalnya, bar muesli atau yoghurt buah mungkin terdengar seperti pilihan yang sehat tetapi yang cenderung diabaikan oleh kebanyakan orang adalah hasil bagi gula yang ditambahkan ke produk yang berkontribusi pada peningkatan kalori. Jika kamu memilih untuk makan muesli batangan sebelum makan siang dan masih memilih untuk makan siang setelahnya, ada dua kesalahan yang akan kamu buat. Pertama adalah bahwa kamu sudah memiliki cukup kalori dan masih belum kenyang, dan kedua, dengan masih makan siang, kamu akan dibanjiri jumlah kalori.

Baca Lainnya : Tips Mengurangi Garam dalam Diet Sehari-hari

Tetapi jika kamu adalah seseorang yang melakukan diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan maka produk rendah lemak bisa menjadi pilihan yang baik untukmu karena kamu sudah akan memeriksa asupan kalori. Tetapi jika kamu tidak mengikuti diet tertentu maka makan lemak sehat adalah perubahan penting yang dapat kamu hasilkan dalam hidup. Kamu bisa mulai dengan memasukkan minyak zaitun, kacang-kacangan dan ikan berlemak dalam diet karena semuanya memiliki persentase lemak sehat yang tinggi. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: