4 Cara Menggunakan Kunyit untuk Dapatkan Manfaat Maksimal

TrubusLife
Thomas Aquinus
13 Feb 2020   16:00 WIB

Komentar
4 Cara Menggunakan Kunyit untuk Dapatkan Manfaat Maksimal

Susu kunyit. (Kerri Axelrod)

Trubus.id -- Sementara kita terus mencari produk dan solusi untuk meningkatkan kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan hidup sehat, kita cenderung mengabaikan rempah-rempah emas ini. Orang-orang di seluruh dunia banyak menggunakan kunyit dan mendapatkan manfaat kesehatan ajaib. Juga dikenal sebagai 'Haldi' dalam bahasa Hindi, kunyit banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak dalam masakan Indonesia dan memberi warna kuning yang indah pada hidangan sekaligus membuatnya bergizi. Kunyit memiliki sifat unik yang membantu menjaga kesehatan yang baik yang dapat dicapai dengan menambahkannya ke dalam diet sehari-hari.

Apa itu 'Kunyit'?

Berasal dari anak benua India dan Asia Tenggara, kunyit (Curcuma longa) digunakan sebagai zat pewarna dan perasa di beberapa masakan Asia. Kunyit dikenal karena kualitas obatnya dan telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurvedic. Kamu akan kagum mengetahui bahwa kunyit adalah pereda nyeri alami. Dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan di dalamnya, rempah-rempah ini membantu pencernaan dan digunakan sebagai perawatan kulit moderat untuk jerawat. Kunyit memiliki senyawa aktif, curcumin, yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah. Kamu juga bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk minuman juga, loh. Minuman ini akan membantu mencapai kesehatan yang baik sambil meningkatkan metabolisme. 

Baca Lainnya : 6 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa pada Tubuh Manusia

Berikut 4 minuman sehat dari kunyit dan cara mudah untuk menyiapkannya. 

1. Susu kunyit
Ini adalah resep lama yang sudah terbukti untuk semua jenis penyakit. Banyak orang telah minum susu kunyit karena itu adalah obat untuk setiap masalah kesehatan kecil yang mungkin dialami. Ini baik untuk kesehatan, dan sebaiknya minumlah sebelum tidur untuk kualitas tidur yang lebih baik. Ini memperbaiki jaringan yang hilang dan dapat membantu pemulihan dengan lebih cepat.

2. Air detoks kunyit

Air detoks kunyit adalah kombinasi sehat jus lemon dan madu. Untuk menyiapkannya, yang harus dilakukan adalah merebus semuanya bersama-sama dalam air untuk membuat segelas air detoks yang menyegarkan. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah di pagi hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Baca Lainnya : Peneliti Ungkap, Curcumin dari Kunyit Bisa Cegah Sel-sel Kanker Tulang Menyebar

3. Sup kunyit

Sup adalah cara terbaik untuk menikmati makanan sehat. Tambahkan kebaikan kunyit ke dalam sup, tomat, jamur, ayam, atau sup lainnya yang kamu suka. Tambahkan sedikit bubuk kunyit ke dalam sup dan rebus bersama bahan sup lainnya. Your healthy turmeric soup is ready.

4. Teh kunyit

Di India, minum teh kunyit di pagi hari merupakan sebuah tradisi. Teh itu sendiri sudah sehat untuk tubuh dan jika kamu menyukai teh, kamu harus mencoba teh kunyit yang memberi manfaat lebih untuk kesehatan ini. Saat membuat teh, tambahkan sejumput kunyit dan biarkan mendidih dengan daun teh biasa di dalam air. Lalu, bersantailah dengan secangkir teh kunyit panas. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: